Manfaat Daun Sirih Merah pada Kaum Milenial yang Berjerawat

Manfaat Daun Sirih Merah pada Kaum Milenial yang Berjerawat

Oleh: dr. Andika Fitria Putra Huza
DEPOK POS – Jerawat saat ini penyakit umum yang terjadi pada milenial, mempengaruhi hampir 80-85% di seluruh dunia. Sedangkan prevalensi penderita jerawat di Indonesia sendiri berkisar 80 – 85% pada milenial dengan puncak insidens usia 15 – 18 tahun, 12% pada wanita usia > 25 tahun dan 3% pada usia 35-44 tahun.
Jerawat ini dipicu oleh beberapa flora normal pada kulit, termasuk P. acnes dan S. aureus. Jerawat merupakan penyakit yang muncul di bagian wajah dan mengakibatkan perubahan wajah, berupa bengkak, benjol, bernanah, menimbulkan rasa sakit dan mengganggu kepercayaan diri bagi penderita.
Penyebab terjadinya jerawat antara lain faktor genetik, endokrin, psikis, musim, stres, makanan, keaktifan kelenjar minyak, infeksi bakteri, kosmetika, dan bahan kimia lain.
Cara mengatasi jerawat ada berbagai cara, baik secara farmakologi dan non farmakologi. Secara farmakologi yaitu dengan menggunakan obat yaitu dengan obat-obatan kimia seperti cream racikan dokter atau obat tradisional yang menggunakan bahan herbal. Yang dimaksud herbal adalah berasal dari tumbuh-tumbuhan alami.
Pengobatan jerawat secara non farmakologi yaitu tanpa penggunaan obat seperti membersihkan wajah dengan rutin, menggunakan masker saat berkendara, istirahat cukup serta menjaga keseimbangan hidup bersih dan sehat.
Daun sirih merah menjadi salah satu pilihan pengobatan herbal yang didalamnya terkandung zat eugenol berperan sebagai anti-jamur sehingga mampu menghambat perkembangan sel tunas penyebab jerawat, dan tanin zat antiseptik berkhasiat untuk membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat.
Pada tahun 2016, Ellyzabeth Sukmawati melakukan penelitian menggunakan masker dari daun sirih merah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang menggunakan daun sirih merah lebih efektif dalam mengurangi jerawatnya dibandingkan dengan remaja yang tidak menggunakan daun sirih merah.
Remaja yang memiliki jerawat dan selama tujuh hari mengobati jerawatnya dengan menggunakan daun sirih merah akan mengalami perubahan kearah penyembuhan pada jerawatnya.
Berbeda dengan remaja yang tidak menggunakan daun sirih untuk  mengobati jerawatnya tidak mengalami perubahan jerawat yang pasti kearah penyembuhan.

Pos terkait