Cara Menghadapi Orang yang Sedang Menangis

Ilustrasi menangis. (Istimewa)

Pendapat Ahli

DEPOK POS – Sebagai manusia pasti pernah menangis, karna menangis adalah sebuah reaksi normal yang dilakukan oleh seseorang saat menghadapi sebuah masalah atau tantangan yang sulit. Menangis bukanlah sebuah perilaku yang aneh, melainkan hal yang wajar dan dapat dilakukan oleh siapa saja.
Dengan menangis, orang bisa mengeluarkan berbagai emosi yang sedang dirasakan. Meskipun, Robert R. Provine, Ph.D, seorang profesor psikologi dan ilmu saraf di Univetsity of Maryland, mengatakan bahwa menangis tidak bisa serta merta menjadi pertanda yang menentukan perasaan seseorang (Winona Katyusha, 2021).
Namun, ada beberapa orang yang menangis ketika mereka sedang marah dan merasa frustrasi. Yang seharusnya memasang wajah kesal, mereka sering kali mengeluarkan air mata ketika emosi sudah memuncak. Sebagian dari mereka bahkan tidak mempunyai tenaga untuk berteriak dan malah berakhir dengan meneteskan air mata, karna semakin kuatnya emosi tersebut.
Memang benar saat seseorang menangis ia akan terlihat lemah, hancur, tak berdaya, dan berantakan. Pada situasi yang sedang tertekan biasanya seseorang akan menjadi sangat sensitif terhadap hal-hal kecil dan cenderung mudah untuk menangis.
Seperti contohnya anak remaja zaman sekarang yang memilih menangis untuk melampiaskan rasa marah, kesal, dan kecewanya. Mereka begitu karna merasa depresi atau stress terhadap masalah yang sedang dihadapinya. Pada saat itulah seketika emosi mereka menjadi tidak stabil dan mudah sekali terpancing emosi.
Jangan sekali-sekali mengganggu mereka atau buru-buru menenangkan tangis seseorang tanpa melihat kondisi dan keadaannya. Karna bisa jadi kehadiran kita malah membuat kondisi emosi dan suasana hati mereka semakin parah.
Pada akhirnya kita bukan membantunya tapi malah membuat situasi semakin buruk. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah memberikan waktu untuk mereka sendiri atau biarkan mereka untuk menenangkan dirinya. Perlu diketahui bahwa ada beberapa cara yang lebih disarankan saat menghadapi orang yang menangis.

BACA JUGA:   Bagaimana Pengaruh Kepribadian Audiens terhadap Penyampaian Pesan Bisnis

Cara saat menghadapi orang yang menangis

Cara saat menghadapi orang yang menangis

⦁ Bayangkan jika kita berada di posisi mereka, dan perlihatkan bahwa kita mengerti dan ikut merasakan apa yang mereka sedang alami.
⦁ Tenangkan mereka dengan memberika kata-kata yang lembut dengan berharap tangis dan emosi mereka mereda, atau tubuh mereka menjadi lebih rileks.
⦁ Ketika tubuh sudah lebih rileks dan tangis mereda, barulah penting untuk memberi mereka ruang dan waktu untuk menceritakan apa yang sedang mereka alami.
⦁ Jadilah pendengar yang baik dan hargai mereka ketika sedang menceritakan masalahnya sehingga mereka merasa nyaman menceritakan masalahnya denganmu.
⦁ Jadilah bijaksana saat memberikan mereka solusi atau jalan keluar untuk mereka menyelesaikan masalahnya.
⦁ Berikan mereka support atau semangat serta kata-kata sabar agar mereka tidak menyerah dan tegar untuk mengahdapi masalahnya.
⦁ Pahamilah bahwa ketika mereka sudah tidak menangis bukan berarti mereka sudah baik baik saja. Mereka masih memiliki emosi yang tidak stabil dan tidak teratur, maka dari itu biarkan lah mereka memiliki waktu untuk sendiri.
Setelah mengetahui cara menghadapi orang yang sedang menangis. Kita juga sebagai pelaku (orang yang menangis) juga harus bisa mengendalikan emosi kita, sebab salah satu yang membuat orang menangis adalah emosi yang berlebihan. Ingatlah tidak selalu ada orang yang peduli dengan kita dan mau membantu menenangkan diri kita. Sebenarnya emosi bisa dikendalikan, itu juga kalau bisa. Tapi jangan khawatir sebab ada beberapa cara untuk mengendalikannya.

BACA JUGA:   Instagram sebagai Media Pemasaran yang Aktif

Cara mengendalikan emosi untuk meredakan tangisan:

Cara mengendalikan emosi untuk meredakan tangisan:

⦁ Mengatur pernafasan dengan cara menarik nafas panjang melalui hidung secara perlahan lalu buang lewat mulut secara perlahan.
⦁ Berhenti untuk memikirkan sesuatu secara berlebihan.
⦁ Belajar untuk bersyukur atas segala sesuatu yang telah didapatkan.
⦁ Jangan berpikir yang negatif tapi alihkan pikiran ke hal-hal yang lebih positif.
⦁ Meyakinkan pada diri sendiri bahwa semua akan berjalan dengan baik-baik saja.
Yang terpenting untuk dikendalikan adalah pikiran. Karna pikiran yang berlebihan mampu menimbulkan emosi yang berlebihan. Dan ujung-ujungnya akan menangis karna emosi yang berlebihan. Dan itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan emosi agar tangisan mereda. Kini kalian dapat belajar untuk menghadapi orang yang sedang menangis dan cara mengendalikan emosi saat menangis dengan menerapkan langkah-langkah di atas.
Cobalah mulai sekarang belajar untuk mengerti perasaan orang lain. Ketika melihat orang lain menangis jangan diabaikan tapi datangi dan tenangkan mereka dengan melakukan cara-cara di atas. Sebab mereka yang sedang menangis sangat butuh teman untuk menceritakan masalahnya. Hanya dengan mendengarkan mereka bercerita, perasaannya akan jauh lebih membaik. [Aryo Musyaffa Amnur]

Pos terkait