5 Cara Menghindari Pergaulan Bebas

5 Cara Menghindari Pergaulan Bebas

DEPOK POS – Pergaulan bebas adalah sebuah proses interaksi antara seorang dengan orang lain tanpa mengikatkan diri pada aturan-aturan baik undang-undang maupun hukum agama serta adat kebiasaan.
Remaja yang melakukan seks bebas bisa mengakibatkan kehamilan di luar nikah dan meningkatkan risiko penyakit kelamin seperti HIV AIDS. Remaja yang mencoba konsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang dapat merusak kesehatan fisik dan mental dalam jangka panjang hingga menyebabkan kematian.
Cara menghindari pergaulan bebas dengan 5 M :
– Memperkuat pendidikan agama sejak dini. Pendidikan agama yang ditanamkan sejak dini
merupakan pondasimental yang sangat kuat, agar mereka tidak terjerumus dalam pergaulan bebas tapa batas. Jika sejak kecil sudah tertanam nilai agama yang kuat, saat remaja bahkan dewasa akan selalu melakukan hal-hal yang sesuai dengan norma agama.
– Memperkuat pendidikan agama sejak dini. Pendidikan agama yang ditanamkan sejak dini merupakan pondasi mental yang sangat kuat, agar mereka tak terjerumus dalam pergaulan bebas yang tapa batas. Jika sejak kecil sudah tertanam nilai agama yang kuat, remaja bahkan dewasanya akan selalu melakukan hal-hal yang sesuai dengan norma agama.
– Membentuk karakter yang positif. Karakter positif yang ditanamkan sejak dini sangat diperlukan, agar menjadi pribadi yang kuat dan kokoh. Walaupun ada kesempatan untuk hidup bebas ia dapat mengendalikan dirinya.
– Memilih teman.Sangat penting dalam memilih teman yang baik. Karena dapat memberikan pengaruh positif pada remaja untuk menjadi lebih baik.
– Mempererat hubungan orang tua dengan anak.Ketika anak dekat dan terbuka dengan orang tua, segala sesuatu yang akan anak lakukan pasti akan selalu meminta pertimbangan orang tua.Orang tua dan lingkungan sangatlah penting dalam mengarahkan dan memberi warna pada kehidupan anak.Tetapi, pondasi agama yang tertanam sejak dini jauh lebih penting, agar anak dapat menentukan sendiri hal yang baik dan buruk dalam kehidupannya.
Untuk melindungi anak-anak kita dari pergaulan bebas,perlu tindakan-tindakan preventif, supaya anak tidak terjerumus ke jalan yang sesat. Diantaranya memperkuat pendidikan agama sejak dini, berkarakter yang positif,mempererat hubungan orang tua dengan anak, serta selalu mengedukasi seks pada anak dan remaja dengan menggunakan bahasa yang cocok. [Silmy Kamila Azzahra]

Pos terkait