oleh

Agar Anak Terhindar Pergaulan Bebas

Sebagai orangtua tentunya ingin yang terbaik untuk anak-anaknya,menjadikan anak ke arah tujuan yang baik menjadi soleh dan solehah. Zaman ke zaman,pergaulan semakin menjadi. Maksudnya, pergaulan semakin rusak. Orangtua mana yang ingin anak-anaknya ikut dalam pergaulan tidak baik. Apalagi seorang ibu, dia adalah madrasah pertama untuk anak-anak nya.mendidik dan merawat dengan baik. Kita sebagai orangtua juga patut mencontohkan yang baik,karena orang tua termasuk panutan untuk anak-anak. Ada beberapa cara agar anak-anak terhindar dari pergaulan bebas:

1. Mengajarkan tentang Agama

Sebagai orangtua kita harus mengajarkan anak tentang Agama dari sejak dini, karena agama adalah fondasi utama untuk terhindar dari pergaulan bebas. Mengajarkan anak mengaji,membiasakan mendengar murotal qur’an,mengajarkan sholat,mengajarkan hal-hal yang diperbolehkan islam dan dilarang oleh islam. Agar menjadi hal yang terbiasa disaat tumbuh remaja.
Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dari kakek Ayub Bin Musa Al-Quraisy dari Nabi shalallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tiada satu pemberian yang lebih utama yang diberikan ayah kepada anaknya selain pengajaran yang baik.”

BACA JUGA:  Inilah Peran Muslimah dalam Dakwah

2. Mengajak anak untuk diskusi

Terkadang anak gengsi untuk menceritakan permasalahannya kepada orangtua,malah memilih untuk menceritakan kepada sahabat dan temennya. Kita sebagai orangtua harus meluangkan waktunya untuk mengajak diskusi,menanyakan disekolah seperti apa,tugas sekolah gimana, lalu kita bisa menjelaskan bahayanya pergaulan bebas itu seperti apa dengan bahasa yang ringan,agar anak mudah mengerti.

3. Batasi bermain gadget

Zaman sekarang anak-anak banyak sekali yang bermain gadget. Sebagai orang tua kita harus mengawasi gadget mereka dan membatasi mereka untuk bermain gadget,misalnya kalau libur sekolah. Agar tidak kecanduan bermain game dan tidak salah gunakan juga.

4. Edukasi Masalah Seksual

Banyak yang salah mengartikan dan takut untuk memberikan tentang permasalahan seksual kepada anak-anak. Padahal bukan hanya tentang hubungan seksual,terkadang rasa penasaran tinggi tentang seks itu besar,seperti menonton flim porno.jelaksan bahayanya seperti apa. Kita sebagai orang tua juga harus menjelaskan tidak dengan berbelit-belit karena anak akan cenderung salah tangkap omongan. Edukasi tentang masalah seksual juga agar ana memahami bahayanya dari pelecehan seksual oleh orang-orang sekitar.

BACA JUGA:  Mengenal Fungsi Dasar Keluarga

5. Kenali teman-teman anak

Anak bisa tercermin lingkungan dari teman-teman sehari-harinya. Maka dari itu kita harus mengenali semua teman-teman dengan baik. Agar kita tahu,ajaklah temen-temen anak untuk kerumah dan diajak berdiskusi. Mengetahui lingkaran pertemanan juga bisa mengenal orangtua anak-anak lain,agar bisa tau informasi tentang anak apakah lagi main dirumahnya atau tidak.

6. Menerapkan aturan yang tegas di rumah

Menerapkan aturan tegas di rumah adalah yang bisa dilakukan orang tua agar menhindari pergaulan bebas. Misalnya, pulang jam main jam berapa, kita sampaikan kepada anak-anak baik perempuan maupun laki-laki.

BACA JUGA:  Kapan Kita Harus Bersabar?

7. Dukung anak melakukan hobi

Ketika masa remaja anak sedang aktif melakukan dan mencoba berbagai kegiatan yang produktif. Ketika anak melaukan kegiatan positif, kita sebagai orangtua harus mendukung. Misalnya anak gemar photo pemandangan,nah kita memberikan anak kamera. Intinya,selagi hal itu positif kita dukung aja,agar anak terhindar dari pergaulan bebas.

8. Dukung anak untuk mencapai cita-citanya

Terkadang orangtua ingin yang terbaik untuk anak-anaknya dan anaknya juga lebih sukses dari orangtuanya. Sebagai orangtua juga harus menegrti,bahwa jika bukan fashion anaknya tidak bisa dipaksakan. Apalagi masa remaja anak tentunya punya cita-cita yang anak inginkan. Teruslah dukung. Semisal anak ingin punya bisnis kuliner,nah sebagai orangtua harus menjelaskan risiko dari bisnis kuliner itu apa,agar anak juga mengetahui. [Ajeng Dwi Nilova/SEBI]

Komentar

Berita lainnya