oleh

Seberapa Penting Mencuci Tangan dengan Sabun Selama Pandemi?

Grace A. Khosasih

Tahukah Anda bila perpindahan virus COVID-19 yang paling sering terjadi adalah melalui sentuhan tangan?

Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Amerika Serikat (CDC), lebih dari 80% penyebaran virus dan mikroorganisme disebabkan oleh tangan. Tangan adalah media penularan virus terbesar karena setiap aktivitas sehari-hari dilakukan menggunakan tangan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan tangan agar tidak beresiko terkena masalah kesehatan yang disebabkan oleh kesalahan mencuci tangan.

Menurut studi, virus COVID-19 dapat hidup di benda mati dua jam hingga empat hari tergantung jenis permukaan, suhu dan kelembabannya. Saat bersentuhan langsung dengan benda yang telah terkontaminasi, virus dapat berpindah ke tempat lain dan hidup dari inangnya. Hal ini dikarenakan virus COVID-19 membutuhkan inang karena tidak dapat hidup lama di permukaan benda mati. Biasanya virus dapat berpindah melalui benda mati seperti gagang pintu, mesin ATM, troli belanja dan berbagai sarana umum yang dipakai bersamaan.

Bagaimana Proses terjadinya Penularan Virus ?

Proses terjadinya penularan virus COVID-19 bermacam-macam seperti kontak langsung dengan penderita, droplets di benda dan kerumunan orang, namun yang paling umum terjadi dikarenakan virus COVID-19 berpindah ke wajah, hidung maupun mulut melalui kedua tangan kita yang telah terkontaminasi virus COVID-19. Untuk mencegah hal tersebut, Anda harus menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dengan langkah-langkah yang benar.

Pemerintah Indonesia sudah sering mengkampanyekan untuk mencuci tangan sejak dini di sekolah dasar maupun di kegiatan bermasyarakat, jauh sebelum WHO menetapkan dunia telah dilanda pandemik COVID-19. Akan tetapi, hasil Riset Kesehatan Dasar (2007) menunjukkan lebih dari 50% masyarakat Indonesia belum menerapkan kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun. Hal ini yang menjadi perhatian karena mencuci tangan menggunakan air saja tidaklah efektif membunuh bakteri dan virus yang ada di tangan Anda.

Bakteri dan patogen masih dapat hidup dan berpindah apabila Anda tidak mencuci tangan dengan benar. Sabun dinilai efektif dalam membunuh bakteri dan virus karena mengandung surfaktan yang dapat mengangkat kotoran serta mikroba yang tak kasat mata. Mencuci tangan menggunakan sabun adalah cara yang paling efektif dibandingkan mencuci tangan dengan air mengalir saja atau hanya menggunakan hand sanitizer.

Bagaimana cara Mencuci Tangan dengan benar ?

Anda dapat mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20-30 detik dengan langkah-langkah berikut sesuai anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO):

1. Basahi tangan dan tuangkan atau oleskan produk sabun di telapak tangan.
2. Tangkupkan kedua telapak tangan dan gosokkan produk sabun yang telah dituangkan.
3. Letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin dan ulangi untuk sebaliknya.
4. Letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait.
5. Tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari.
6. Gosok ibu jari kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya.
7. Gosokkan jari-jari tangan kanan yang tergenggam di telapak tangan kiri dan sebaliknya.

Kapan waktu yang tepat untuk Mencuci Tangan ?

Mencuci tangan sesering mungkin atau pastikan Anda mencuci tangan di waktu-waktu berikut ini sesuai anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO) :

• Sebelum makan. Anda juga perlu membersikan tangan sebelum, selama, dan sesudah memasak.
• Sesampainya di rumah setelah beraktivitas di luar. Terutama tempat umum dan tempat ibadah
• Sesudah memegang hewan, walaupun binatang peliharaan Anda sekalipun.
• Sebelum dan setelah mengunjungi orang sakit.
• Setelah Anda batuk, bersin, dan membuang ingus.
• Sesudah menggunakan toilet dan membuang sampah.
• Setelah mengganti popok bayi atau membantu anak menggunakan toilet.

Walaupun terkesan sederhana, dengan merapkan langkah-langkah mencuci tangan dengan sabun seperti diatas, mengurangi sentuhan ke wajah, dan menjalankan Protokol Kesehatan, Anda akan meminimalisir resiko penularan virus COVID-19 dan menyelamatkan orang-orang disekeliling Anda. (Grace A. Khosasih)

 

Referensi:
Global Handwashing Partnership. Handwashing with soap: why should we care?
Kemkes, Perilaku mencuci tangan menggunakan sabun di Indonesia
WHO.int, Infection, prevention, control