oleh

Mengenal Lebih Jauh Apa itu Vaksin

Sejak kemunculan pandemi COVID-19, banyak perubahan yang terjadi di seluruh dunia. Mulai dari sistem perkantoran dan pembelajaran yang berubah menjadi daring atau online, adanya peraturan protokol kesehatan di setiap tempat umum dan kegiatan umum bahkan banyak terjadinya pemutusan hubungan kerja akibat penurunan produktivitas perusahaan. Oleh karena perubahan-perubahan yang sangat memberikan dampak bagi seluruh aspek kehidupan, vaksin COVID-19 menjadi sangat didambakan oleh setiap orang.

Tapi sebenarnya apa itu vaksin?

Menurut website resmi tentang COVID-19 di Indonesia (covid19.co.id), vaksin adalah zat yang sengaja dibuat untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh dari penyakit tertentu, sehingga bisa mencegah terjangkit dari penyakit tertentu tersebut. Dengan kata lain vaksin diciptakan agar tubuh kita kebal terhadap suatu penyakit tertentu. Bukti keberhasilan vaksin adalah pemberantasan virus cacar pada tahun 1979. Vaksin tersebut pada akhirnya menjadi pemberantas cacar secara global, yang secara resmi dinyatakan pada tahun 1980. Sejak keberhasilan tersebut vaksin semakin dikembangkan sebagai upaya pencegahan penyakit seperti untuk penyakit batuk rejan, difteri, tetanus hingga sampai saat ini sudah ada lebih dari 20 jenis vaksin.

BACA JUGA:  Peran TIK dalam Pembangunan Sebuah Negara

Vaksin dianggap sebagai salah satu upaya yang paling efektif dalam mencegah berbagai macam penyakit. Oleh karena itu pada tahun 1999 dibentuk sebuah badan yang bernama GAVI (Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi) untuk memperluas cakupan program pengembangan imunisasi kepada penduduk, terutama yang berada di daerah terpencil, dan untuk membantu negara-negara yang sangat miskin memperkenalkan vaksin baru dan melindungi anak-anak dari penyakit yang mengancam jiwa. Dengan adanya GAVI ini menandakan bahwa vaksin merupakan salah satu bentuk pencegahan penyakit yang diakui dan diandalkan oleh dunia. WHO juga mengatakan bahwa vaksin yang dipergunakan sesuai dengan SOP yang ada dijamin aman dan efektif untuk pencegahan penyakit.

BACA JUGA:  Peran TIK dalam Pembangunan Sebuah Negara

Tetapi pembuatan vaksin membutuhkan waktu yang tidak sebentar bahkan bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun. Karena dalam pembuatan vaksin diperlukan penelitian, pengembangan dan pengujian yang ketat dan bertahap agar vaksin dapat dengan aman digunakan secara massal. Begitu pula dengan vaksin COVID-19 yang sangat diharapkan keberadaannya pada masa pandemi ini. Vaksin COVID-19 pada perkembangannya hingga saat ini sudah berada di tahap distribusi ke berbagai negara di dunia yang berarti sebentar lagi akan di distribusikan ke seluruh daerah di Indonesia untuk digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dengan mengetahui apa itu vaksin dan apa manfaatnya bagi kesehatan, diharapkan seluruh masyarakat dapat lebih tenang dalam menerima vaksin COVID-19 demi keselamatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. []

BACA JUGA:  Peran TIK dalam Pembangunan Sebuah Negara

Ditulis oleh Ester Oktaviani Angelica & Rheina Didan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

 

Daftar Referensi:
COVID-19, S., 2020. Apa Itu Vaksin? – Masyarakat Umum | Satgas Penanganan COVID-19. [online] covid19.go.id. Available at: <https://covid19.go.id/p/masyarakat-umum/apa-itu-vaksin> [Accessed 19 December 2020].
In.vaccine-safety-training.org. 2020. MODUL 1 – Sejarah Pengembangan Vaksin – DASAR KEAMANAN VAKSIN WHO. [online] Available at: <https://in.vaccine-safety-training.org/history-of-vaccine-development.html> [Accessed 19 December 2020].
Sari, I. and Sriwidodo, S., 2020. Perkembangan Teknologi Terkini dalam Mempercepat Produksi Vaksin COVID-19. Majalah Farmasetika, 5(5), p.204.

Komentar