oleh

Manajemen Risiko Berdagang saat Pandemi Covid-19

Manajemen Risiko Berdagang saat Pandemi Covid-19

Kegiatan berdagang, bisnis, atau jualan pada zaman sekarang di tahun 2020, menjadi hal yang mengasyikkan dan hal yang menjadi dibanggakan. Apalagi dengan angka pekerja yang tinggi di tahun sekarang dan juga di dukung dengan adanya modus demografi, serta minimnya lapangan pekerjaan, membuat anak muda merubah mindset nya dalam hal mencari uang. Awalnya para anak muda berkeinginan bekerja di perusahaan atau pabrik tertentu, mereka beralih menjadi seorang pedagang/pembisnis.

Tapi tentu saja dalam setiap kegiatan apapun itu apalagi dalam hal berdagang, bisnis, atau jualan, terdapat risiko yang selalu menghantui kita selaku anak muda yang ingin memiliki usaha. Seperti risiko kerugian, mengalami pencurian, kebakaran, karyawan bermasalah, terjadinya demo, dan bencana alam. Apalagi ditambah dengan adanya pandemic covid-19 sekarang, bertambah lagi risiko – risiko dalam berbisnis, yakni ditutupnya tempat usaha, terkena denda oleh petugas setempat, bahkan paling pahitnya semua karyawan dan termasuk ownernya terjangkit penyakit pandemi covid-19.

BACA JUGA:  Waspadai Dampak Alergi Susu Sapi pada Tumbuh Kembang Aanak

‘Trus saya harus bagaimana supaya bisa tetap menjalankan dan aktif dalam usaha di masa pandemi covid kaya gini?’ ‘Relaks saja, yuk cikopi hela (ngopi dulu) hehe’.

Sejak tahun 2100 SM konsep manajemen risiko sudah hadir di dunia, dan bahkan di tahun 2100 SM itu disebut sebagai zaman pertama manajemen risiko. Nah di dalam ilmu manajemen risiko, ada 5 tahapan manajemen risiko yang wajib kita ketahui kalau kita mau mengantisipasi risiko yang terjadi, yaitu; perencanaan risiko; identifikasi risiko; mengukur dampak risiko; merancang strategi penanganan risiko; pengawasan dan pengendalian risiko.

Tahap awal dalam menangkal risiko berdagang selama pandemic covid-19 adalah dengan cara melakukan perencanaan risiko. Kita harus membuat list dari risiko yang akan menimpa ke usaha kita selama pandemic covid-19 ini. Dengan membuat list tersebut, akan membuat kita mudah dalam mengetahui apa saja risiko yang akan kita hadapi selaku calon pengusaha.

BACA JUGA:  Waspadai Dampak Alergi Susu Sapi pada Tumbuh Kembang Aanak

Identifikasi risiko, memasuki tahap selanjutnya dalam menangkal risiko yang terjadi selama pandemic covid-19. Kita harus mengidentifikasi risiko yang dapat kemungkinan menimpa usaha kita. Hal ini bertujuan untuk mengetahui keadaan yang akan dihadapi oleh kita selaku pemilik usaha.

Jikalau sudah mengidentisikasi risiko yang akan terjadi, maka selanjutnya kita harus melakukan pengukuran dampak risiko yang akan terjadi ke usaha kita. Hal ini dilakukan agar setiap risiko yang menimpa usaha kita terdapat pada urutan serta prioritas yang tepat. Untuk melakukan tahap ini dibutuhkan kemampuan individu, dan bisa menggunakan metode analisis kuantitatif atau kualitatif.

Ketika sudah mendapatkan urutan serta prioritas risiko yang akan di hadapi usaha kita selama pandemic covid-19, merancang strategi adalah langkah selanjutnya dalam penanganan risiko yang akan dihadapi usaha kita. Dalam tahap ini, rancangan yang kita buat untuk menangani risiko yang akan terjadi haruslah tepat dan efisien, oleh sebab itu sebelum merancang strategi ada tahapan pengukuran dampak risiko.

BACA JUGA:  Waspadai Dampak Alergi Susu Sapi pada Tumbuh Kembang Aanak

Lalu yang terakhir dari penanganan risiko terhadap usaha kita selama pandemic covid-19 in adalah dengan melakukan pengawasan dan pengendalian risiko. Ketika kita sudah memiliki rencana strategi risiko, maka yang harus dilakukan adalah tinggal melakukannya ketika risiko itu terjadi, ketika sudah dilakukan tentu harus adanya pengawasan terhadap respon dari manajemen risiko yang sudah kita buat.

Dengan melakukan lima tahapan manajemen risiko yang sudah di jelaskan diatas, maka kita tidak perlu khawatir lagi dengan risiko yang akan dihadapi selama pandemic covid-19. Bahkan kelima tahapan tadi bisa kita aplikasikan dalam segala kondisi.

Penulis:
Saebi Pazry

Referensi:
J. Davidson Frame; Managing Risk in Organization; 2003
Manajemen Risiko | Kuliah EL5007: Manajemen Keamanan Informasi (itb.ac.id)

Komentar

Berita lainnya