oleh

Pentingnya Penggunaan Masker di Tempat Ibadah

Memakai masker merupakan salah satu langkah pencegahan klaster covid-19 di tempat ibadah. Namun masih ada sebagian jamaah yang enggan menggunakan masker ketika berada di dalam tempat ibadah.

Padahal penggunaan masker di tempat ibadah dapat menjaga kesehatan diri sediri maupun kesehatan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Hal inilah yang membuat masyarakat harus tahu pentingnya penggunaan masker di tempat ibadah.

Pencegahan penyebaran covid-19 di tempat ibadah dengan penggunaan masker merupakan hal yang sangat penting. Sebab banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya sudah terpapar oleh Covid-19 yang memungkinkan akan menulari orang lain secara tidak sengaja ketika berinteraksi tanpa memakai masker. Terlebih satu tetesan droplet yang keluara saat batuk atau bersin dari orang positif Corona dapat menularkan virus Covid-19 ke orang lain secara cepat.

BACA JUGA:  Vaksin Covid-19 Sinovac: Apakah Aman?

Selain itu, virus Corona biasanya dapat menyebar karena kontak tidak langsung yaitu ketika seorang penderita bersin atau batuk di sebuah permukaan benda kemudian benda tersebut disentuh orang lain.

Untuk mencegah hal tersebut maka masyarakat diimbar agar selalu memakai masker dimana saja terutama di area publik seperti tempat ibadah. Berdasarkan beberapa hasil penelitian terbukti bahwa mengenakan masker dapat menjadi cara paling efektif untuk mencegah penularan Covid-19 yang pada umumnya menular melalui transmisi udara.

BACA JUGA:  Mengelola Stres Saat Pendidikan Jarak Jauh 

Namun berbagai manfaat masker tersebut dapat diperoleh ketika Anda menggunakan masker yang memenuhi syarat dan mendukung efektivitasnya untuk menangkal droplet atau virus.

Sebagai langkah pencegahan klaster Covid-19 di tempat ibadah maka dibutuhkan kerjasama dan kesadaran seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Meskipun klaster tempat ibadah tidak sepenuhnya disebabkan oleh penularan di dalam tempat ibadah, namun bukan berarti Anda lengah dan mengabaikan protokol yang berlaku. Justru Anda harus senantiasa mendukung protokol tersebut terutama pentingnya penggunaan masker di tempat ibadah agar penambahan klaster tempat ibadah dapat dicegah.

BACA JUGA:  Mengelola Stres Saat Pendidikan Jarak Jauh 

* Tri Ratih Puspasari/LSPR

Komentar

Berita lainnya