oleh

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Keluar Rumah Selama Pandemi COVID-19

Akhir tahun 2019, Indonesia dikejutkan dengan adanya virus yang disebabkan oleh Coronavirus Disease (COVID-19). Virus ini pertama kali menyerang kota Wuhan di China, kemudian menyebar ke berbagai negara, mulai dari Hongkong, Singapura, Thailand, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Taiwan, Australia hingga Jerman. COVID-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan dengan gejala demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak napas, letih, dan lesu. Pada kasus berat dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, hingga kematian. Di Indonesia, virus ini sudah menyebar luas. Maka dari itu, pemerintah menerapkan sistem Work From Home (WFH) dan PSBB untuk melarang masyarakat pergi keluar rumah terkecuali ada keperluan penting seperti urusan pekerjaan. Berikut adalah hal yang harus diperhatikan sebelum, selama dan sesudah pergi ke luar rumah.

⦁ Perhatikan Riwayat Penyakit

Apabila ingin keluar rumah, tentunya harus memperhatikan penyakit apa yang dimiliki oleh diri sendiri karena virus ini bisa menular sangat cepat dan bisa menyebabkan komplikasi dengan penyakit lama yang kita miliki. Jika mempunyai riwayat penyakit yang berat maka ada baiknya untuk tinggal dirumah dan melakukan aktivitas yang bermanfaat seperti olahraga.

⦁ Membawa hand sanitizer

Zaman yang semakin modern seperti sekarang, kebanyakan orang mengejar sesuatu yang lebih mudah dan praktis salah satunya yaitu penggunaan hand sanitizer. Ketika sedang terburu-buru, kadang mencari sabun dan air untuk mencuci tangan pun terasa sungkan, akhirnya dipilihlah hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Selain dianggap praktis, kabarnya hand sanitizer juga merupakan salah satu upaya untuk membasmi virus dan bakteri (kuman) yang bersarang di tangan.

⦁ Penggunaan Masker

Penggunaan masker merupakan suatu rangkaian pencegahan yang paling penting di masa pandemi COVID-19, karena menurut WHO penggunaan masker yang baik dan benar dapat melindungi diri sendiri saat berkontak dengan orang yang terinfeksi. Jenis masker yang bisa digunakan untuk masyarakat yaitu masker non-medis yang berbahan kain dan bisa dicuci terus menerus.

⦁ Menjaga Jarak

Pentingnya menjaga jarak ketika berpergian bisa mengurangi penyebaran virus COVID-19 dengan cara menghindari kerumunan, hindari penggunaan transportasi publik sebisa mungkin, hindari kunjungan teman, ataupun keluarga yang berada jauh dari lingkungan kita, jaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain jika di tempat umum, tidak berpergian keluar kota/ negeri, sebisa mungkin tidak keluar rumah jika tidak ada hal yang mendesak, atau keluar hanya membeli bahan makanan, disertai dengan olahraga yang cukup.

⦁ Selalu mencuci tangan ketika sudah keluar rumah

Ketika sudah tiba dirumah, bersegeralah mencuci tangan setidaknya selama 20 detik menggunakan sabun sebelum menyentuh benda lain, dan dianjurkan untuk membersihkan seluruh tubuh (mandi).

Itulah kelima langkah saat ingin keluar rumah dimasa pandemi COVID-19, semoga informasi ini bisa bermanfaat, tetaplah menjaga kebersihan dan kesehatan.

Kayla Isha Alifa
LSPR

Referensi :
WHO. 2020. Anjuran mengenai penggunaan masker dalam konteks COVID-19. World
Health Organization. 5 Juni 2020. https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/covid19/anjuran-mengenai-penggunaan-masker-dalam-konteks-covid-19-june-20.pdf?sfvrsn=d1327a85_2 (Diakses tanggal 26 Oktober 2020)

Komentar