oleh

Pahami dan Raih Manfaat Berjemur dengan Benar

Virus Corona yang memiliki gejala awal flu dan demam ini banyak di beritakan bahwa dengan berjemur bisa membunuh virus, padahal hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Pada penilitian para ahli, berjemur bermanfaat sebagai pembantu produksi vitamin D yang berfungsi untuk memperkuat tulang dan dapat membantu melawan penyakit tertentu.

Segala sesuatu tentunya memiliki manfaat atau efek baik juga pasti memiliki bahaya atau effect buruk, begitu juga dengan berjemur. Maka dari itulah diperlukan pemahaman yang benar dari segala hal yang kita lakukan agar kita mendapatkan manfaatnya dan terhindar dari bahaya.

Berjemur pada waktu yang tepat bisa memberi manfaat yang maksimal dan waktu yang paling tepat adalah pukul Sembilan pagi dengan rentan waktu cukup hanya 25 menit dengan rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu. Dengan begitu kitaa bisa mendapatkan banyak manfaat diantaranya;

BACA JUGA:  Bahan Alami yang Ada di Dapur Ini Ampuh Kecilkan Pori-pori Tanpa Merusak Wajah

MENGURANGI DEPRESI

Orang yang rajin menghabiskan waktunya untuk menerima paparan sinar matahari memiliki gejala depresi yang lebih sedikit dan lebih ringan, sinar matahari memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan perasaan tenang.

MEMBUAT TIDUR LEBIH LELAP

Paparan sinar matahari akan menyebabkan irama tubuh kita atau yang di sebut dengan irama sikardian bekerja lebih baik dan membuat pemograman tubuh untuk tertidur lebih lelap.

BACA JUGA:  Lewat Meme, Klinik Nabila Depok Kenalkan Edukasi Kesehatan bagi Milenial

MEMBUAT TULANG MENJADI LEBIH KUAT

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium. Penyerapan kalsium ini membuat tulang menjadi lebih kuat dan dapat membantu mencegah osteoporosis dan radang sendi.

MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN SISTEM TUBUH

Vitamin D membantu tubuh melawan penyakit, diantaranya penyakit jantung, skeloresis otot, flu, penyakit autonium dan kanker tertentu.

Menurut berbagai penelitian berikut adalah tips berjemur yang aman;

  • Sesuaikan waktu berjemur dengan tempat dan kondisi kulit karna tempat yang memiliki udara yang buruk dapat menghalangi sebagian sinar uv dan memahami keadaan kulit diperlukan untuk menghindari terbakarnya kulit karna sinar matahari.
  • Oleskan tabir surya minimal SPF 30 atau lebih pada kulit tangan, kaki dan leher serta bagian bagian yang akan terpapar sinar matahari 15 menit sebelum berjemur.
  • Beristirahatlah di tempat yang teduh saat kulit sudah mulai terasa panas.
BACA JUGA:  Bahan Alami yang Ada di Dapur Ini Ampuh Kecilkan Pori-pori Tanpa Merusak Wajah

Dengan memahami hal hal diatas semoga kita bisa mendapatkan manfaat lebih maksimal dalam berjemur. (Alvin Ulandari)

Komentar

Berita lainnya