oleh

Narkoba dan Dampaknya pada Perekonomian Negara

Angka pengguna narkoba pada setiap tahunnya selalu meningkat. Berdasarkan hasil data Badan Narkotika Nasional (BNN) bahwa pemakai narkoba di Indonesia pada tahun 2017 mencapai 3,5 juta orang, di mana 1,4 juta adalah pengguna biasa dan satu juta telah menjadi pecandu narkoba. Pengguna narkoba di kalangan remaja juga semakin meningkat. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi para remaja untuk mengonsumi obat terlarang tersebut. Mereka awalnya akan mengonsumi narkoba karena munculnya rasa ingin tahu apa efek yang terjadi setelah mengonsuminya.

BACA JUGA:  Hati-hati Jangan Jongkok di WC Duduk

Narkoba memiliki efek yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan masa depan penggunanya. Narkoba bisa membuat kondisi otak dan tubuh penggunanya terganggu, perubahan sel saraf dalam otak, halusinasi, kejang hingga dapat menyebabkan kematian sehingga mereka tidak dapat meraih apa yang mereka cita-citakan di masa depan.

Selain itu, ternyata narkoba juga bisa memberikan dampak pada perekonomian. Badan Narkotika Nasional (BNN) memperkirakan bahwa kerugian ekonomi bisa mencapai Rp. 74,4 Triliun dan itu hanya berasal dari penyalahgunaan narkoba. Angka tersebut akan terus meningkat jika pengguna narkoba setiap tahunnya selalu bertambah.

BACA JUGA:  Istilah-Istilah Pinjaman Online yang Wajib Diketahui

Faktor yang mempengaruhi kerugian ekonomi akibat narkoba di Indonesia adalah karena maraknya pasar pengedaran narkoba yang ada, pemerintah di Indonesia harus bekerja lebih maksimal karena jika dibiarkan begitu saja, estimasi kerugian ekonomi di Indonesia bisa jauh lebih besar lagi. Padahal uang sebanyak Rp. 74,4 Triliun bisa digunakan untuk membangun infrastruktur di Indonesia sehingga Indonesia bisa menjadi lebih maju dari sebelumnya.

BACA JUGA:  Istilah-Istilah Pinjaman Online yang Wajib Diketahui

Maka dari itu, diharapkan pemerintah diĀ Indonesia harus memberantas adanya pasar pengedaran narkoba dan pengguna narkoba agar angka kerugian perekonomian di Indonesia berkurang sehingga Indonesia bisa menjadi negara yang lebih maju! | Cheryn Meydiana Atriza

Komentar

Berita lainnya