oleh

Menulis Itu Ternyata Mudah!

Menulis mungkin bukan perkataan yang asing bagi telinga kita, saat mendengar kata tersebut mungkin terlintas dalam pikiran kita menulis yang di maksud adalah menulis di kertas, baik menulis pelajaran atau bahkan dairy harian kita. Tapi tau gak sih menulis itu bukan menulis tulisan di kertas saja loh, menulis juga bisa berupa karya tulis ilmiah, contohnya seperti menulis artikel, skripsi, cerpen, buku dan lainnya.

Menulis karya ilmiah bukanlah sesuatu yang baru kita dengar tapi bukan pula hal yang mudah kita lakukan karena menulis karya tulis ilmiah harus memperhatikan beberapa hal yang harus kita perhatikan.

Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang di buat untuk dipublikasikan online maupun cetak yang bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan pendidik dan menghibur.

Saat kita sudah tau pengertian dari artikel saat nya kita bedah nih gimana sih cara membuat artikel yang memang layak untuk di publikasikan di media online atau cetak.

BACA JUGA:  Istilah-Istilah Pinjaman Online yang Wajib Diketahui

Hal yang pertama kita lakukan dalam pembuatan artikel itu adalah:

Menentukan Tema
Menentukan tema adalah hal yang penting dalam pembuatan karya tulis ilmiah salah satunya adalah artikel. Sebelum menulis artikel kita harus tau tema artikel kita nanti itu seperti apa membahas tentang apa dan alurnya seperti apa. Dan ingat tema beda dengan judul ya teman-teman jadi harus bisa bedakan mana tema mana judul.

Menentukan Judul
Setelah kita mengetahui tema tulisan kita saatnya kita menentukan judul dari tulisan kita, usahakan menentukan judul yang simpel, menarik dan mencangkul semua pembahasan yang ada di tulisan kita. Judul tidak harus panjang tapi buatlah judul yang menarik dan mampu mengikat perhatian target pembaca.

Membuat Kerangka Artikel
Kerangka artikel termasuk hal yang penting dalam pembuatan artikel terutama untuk para pemula seperti kita karena kerangka artikel akan mempermudah kita menentukan bagian awal dan akhir dari artikel yang akan kita buat nanti sehingga kita hanya mengikuti kerangka yang telah kita buat.

BACA JUGA:  Hati-hati Jangan Jongkok di WC Duduk

Mencari Referensi
Karena artikel bersifat fakta dan opini sangatlah penting untuk kita mencari referensi dari berbagai sumber yang dipercaya dan mengumpulkan fakta yang mutlak untuk bahan tulisan kita nanti bukan hanya katanya tapi harus sesuai dengan faktanya. Hindari mencari referensi dari tv, YouTube, audio , dan video karena tidak terlalu membantu kamu memahami karakter sebuah tulisan meskipun data yang disajikan valid. Perbanyak mencari referensi dari buku, artikel atau media baca lainnya dan pelajari gaya bahasa dan penyusunan kalimatnya.

Jika dirasa perlu, kita harus mendatangi sumber informasi atau melakukan riset langsung terhadap sesuatu yang akan kita tulis. Sebuah referensi harus bisa dipertanggung-jawabkan oleh pihak terkait dari tema tulisan yang kita buat jadi kita harus berhenti hati untuk mencari referensi yang terpercaya.

BACA JUGA:  Hati-hati Jangan Jongkok di WC Duduk

Memeriksa Ulang
Periksa kembali tulisan yang kita buat dikhawatirkan ada kesalahan dalam ejaan, tanda baca yang belum sesuai dengan standar tulisan. Jangan juga terburu buru untuk menghapus kalimat yang kita anggap salah coba teliti lagi sebelum menghapus pindahkan dulu ke seet lain dan copy paste jangan langsung di hapus.

Itulah beberapa cara membuat karya tulis ilmiah yang saya pelajari semoga bermanfaat untuk saya dan kita semua. Setelah kita merasa tulisan kita layak untuk di publikasikan silahkan kirim ke alamat redaksi media yang teman teman semua tuju.

Jangan bosan untuk mencoba untuk berkarya di bidang menulis ya..
Semoga semakin banyak generasi Indonesia untuk menjadi para penulis yang handal dan memotivasi anak bangsa yang lain | Silvi Apriyanti

Komentar

Berita lainnya