oleh

Menulis itu (Tidak) Sulit

Sebagian orang berpendapat menulis itu adalah kegiatan yang membosankan dan sangat sulit tapi sebagian orang juga berpendapat menulis itu memyenangkan dan mudah. Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menghadapi segala sesuatu yang berhubungan dengan menulis bahkan tanpa disadari setiap orang pasti melakukan kegiatan menulis setiap harinya .

Menulis tidak selalu harus dengan cara berpikir keras dan terlalu memaksakan kerja otak yang berlebihan karena rasa ingin menulis itu akan muncul pada saat yang tak tertentu misalnya saat sedih biasanya setiap orang butuh sesuatu untuk meluapkan rasa sedih itu dan itu bisa dilakukan dengan cara menuangkan dalam sebuah tulisan karena tidak semua orang yang bisa menceritakan atau mengekspresikan kesedihannya terhadap orang lain, sehingga menulis bisa menjadi alternatif seseorang untuk meluapkan perasaan yang dia rasakan.
Setiap orang pasti memiliki kesulitan dan kendalanya masing-masing dalam membuat tulisan,dan berikut ini adalah beberapa kendala atau kesulitan dalam menulis :

Tidak adanya Niat untuk menulis

Niat merupakan langkah awal seseorang dalam membuat sebuah tulisan karena segala sesuatu yang kita lakukan harus didasari dengan niat, niat dapat membuka jalan kita dan memudahkan kita dalam segala hal.

Tidak adanya ide untuk menulis

Dalam menulis ide adalah sesuatu yang dibutuhkan dalam mebuat suatu tuilisan karena kita tidak dapat menulis jika tidak ada topik yang mau ditulis.

Malas

Malas adalah sifat yang harus dihindari oleh semua orang karena malas adalah sifat yang membuat segala kegiatan orang menjadi terbengkalai dan berantakan, sifat malas juga sifat yang sangat dihindari oleh Rasulullah saw malas adalah sifat setan yang dapat membuat manusia menjadi tidak berguna dan bermanfaat bagi banyak orang.

Tidak percaya diri dengan tulisan sendiri

Percaya diri sangat dibutuhkan semua orang dalam menciptakan sebuah karya karena tanpa rasa percaya diri maka segala sesuatu yang kita hasilkan atau lakukan akan terlihay buruk ,percaya diri itu muncul dalam diri sesorang dan itu hanya akan bisa muncul oleh diri sendiri karena jika kita tidak berusaha bangga dan puas dengan karya yang kita buat sendiri maka karya itu tidak akan pernah berhasil.

Tidak mau mencoba

Sifat ini merupakan sifat yang harus dihindari untuk seorang yang ingin membuat sebuah tulisan karena dengan tidak mau mencoba maka sama saja dengan gagal .tidak adanya rasa untuk mencoba berarti dia tidak percaya dengan kemampuan yang dia miliki dan tidak ada semangat dalam diri dia umtuk melakukan sesuatu yang baru dan keluar dari zona amannya .

Dari beberapa kendala dan kesulitas tersebut kita dapat mengetahui apa yang membuat seseorang enggan untuk menulis dan jawabannya adalah ada dalam diri orang. Semau orang memiliki kesempatan yang sama dalam menuangkan segala ide dan rasa dalam sebuah tulisan dan itu semua akan terjadi jika prang tersebut tidak membatasi dirinya sendiri dan lebih teerbuka untukmelakukan sesuatu yang baru.

Setiap kendala yang diatas memiliki solusinya masing-masing dan dapat kita lakukan agar kendala yang kita hadapi dapt menghilang dengan solusi sebagai berikut:

Pertama, Tumbuhkan niat dalam diri kita untuk membuat dan menciptakan sebuah tulisan agar bermanfaat dan berguna bagi orang banyak niat adalah langkah awal yang diperlukan dalam menulis.

Kedua, Ide itu tidak harus dihasilkan dengan terpaksa dan buru-buru karena kita dapat menulis berdasarkan pengalaman dan semua yang kita alami ide itu bisa muncul kapanpun dan dimanapun sehingga dimanapun kita berada harus selalu menceritakan apa yang kita rasakan walaupun sedikit karena dengan sekitik akan menjadi banyak.

Ketiga, Jauhi rasa malas dan berusah untuk lawan rasa malas jika kita merasa malas maka fikirkam sesuatu yang dapat membuat semangat kita dalam menulis menjadi meningkat sehingga dapat mengalahkan rasa malas pada diri kita.

Keempat, Harus percaya diri dengan tulisan yang diciptakan karena rasa tidak percaya diri akan membuat tulisan kita yang sudah bagus menjadi telihat jelek dan membuat kita menjadi esmakin mundur.

Kelima, Mau Mencoba melakukan hal yang baru selama positif dan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain karena dengan mau mencoba kita dapat mengkur sejauh mana kemampuan kita dan tidak selalu terjebak dlam zona nyaman.

Dari prnjabaran diatas kita dapat menyimpulkan bahwa sebenarnya sulin atau tidaknya kita dalam menulis itu tergantung dari mindset yang kita ciptakan sendiri,jika kita berfikir menulis itu sulit maka menulis itu akan selalu terasa sulit tapi sebaliknya jika kita berfikit menulis itu mudah maka menulis itu akan terasa meudah bahkan menyenangkan dan akan selalu mciptakan tulisan-tulisan baru yang bermanfaat bagi banyak orang.

( Bunayya Nurul Izzah- Mahasiswi STEI SEBI )

Komentar

Berita lainnya