oleh

Mengenal Saffron, Bumbu Dapur Seharga Ratusan Juta Rupiah

Saffron adalah nama rempah yang berasal dari bunga crocus sativus, yang pada mulanya tumbuh dari daerah Yunani. Namun kita juga dapat dengan mudah menemui bunga ini didaerah Iran. Dibeberapa daerah saffron sendiri memiliki penyebutan nama yang berbeda seperti kuma’ dalam bahasa melayu dan Za’faran dalam bahasa arab.

Salah satu ciri fisik dari saffron ini adalah ukurannya yang kecil, bunga saffron memiliki 3 kepala putik dengan aroma harum yang khas dan menenangkan. Bau harum saffron ini berasal dari kandungan senyawa saffranal dari golongan minyak atsiri. Rasa dari saffron cenderung pahit. Tetapi saffron sering kali digunakan sebagai salah satu campuran bumbu dapur yang digunakan dalam masakan timur tengah.

Selain itu, untuk membudidayakan bunga saffron ini tidak boleh sembarangan perlu kehati hatian yang lebih. Bunga yang masuk dalam marga crocus ini biasanya hanya mekar pada bulah September hingga Desember akhir. Bunga Saffron sendiri hanya dapat tumbuh di wilayah iklim basah, jika tidak perlu dibuatkan saluran irigasi sendiri. Maka dari itu, tidak heran jika saffron sendiri memiliki harga yang cukup tinggi dipasaran. Bahkan dinobatkan menjadi salah satu rempah rempah termahal didunia.

BACA JUGA:  Penyalahgunaan Obat Biasa Menjadi Tidak Biasa

Untuk setiap 1 kilogram, saffron dibanderol dengan harga antara 1000 USD atau sekitar 14 juta rupiah hingga 5000 USD atau sekitar 70 juta rupiah. Bahkan, untuk kualitas terbaik, harganya bisa mencapai 150 juta rupiah per kilogram.

Meskipun memiliki harga yang lumayan tinggi, saffron tidak kehilangan konsumennya. Hal ini salah satunya disebabkan karena saffron memiliki banyak kandungan senyawa kimia yang bermanfaat untuk kesehatan. Aroma dari bunga saffron yang khas dan menangkan juga dapat digunakan sebagai aroma therapy.

BACA JUGA:  Menulis Itu Ternyata Mudah!
Ladang saffron. (Foto: Trubus)

Dibelahan dunia lain seperti ditimur tengah saffron sering dicampurkan sebagai bumbu dapur dalam nasi briyani karena saffron memiliki pewarna alami tersendiri yaitu akan berubah menjadi warna kuning jika terendam dalam air.

Manfaat saffron sendiri untuk kesehatan diantaranya dapat melindungi tubuh dari radikal bebas karena mengandung zat antioksidan alami. radikal bebas adalah salah satu zat yang dapat menyebabkan kanker. Saffron juga mengandung aroma minyak atsiri yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif otak serta menurunkan resiko terserang penyakit Alzheimer. | Latifah

Komentar

Berita lainnya