Berwisata Sambil Edukasi di TMII

Bukan hanya sekedar area bertamasya bersama keluarga, namun Taman Mini Indonesia Indah merupakan sarana belajar keanekaragaman budaya Indonesia.

Wisata edukasi ini terletak di JL. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia. Untuk tiket masuk ke TMII anda hanya perlu membayar Rp. 25.000,-/orang (di tanggal 20 Desember 2019 s/d 5 Januari 2020) dan Rp. 35.000,-/orang (di tanggal 31 Desember 2019). Serta membayar kendaraan yang anda bawa. Untuk mobil Rp. 15.000.-, bus/truk Rp. 35.000,-, motor Rp. 10.000,-, dan sepeda Rp. 1.000,-.

Taman Mini Indonesia Indah menyediakan beragam tempat yang bisa dikunjungi untuk belajar. Seperti anjungan daerah (rumah adat), museum, rumah ibadah, dan flora fauna. Dilengkapi dengan perpustakaan dan audio visual. Bagi petualang muda, bekal pengetahuan untuk berkeliling Indonesia dapat diperoleh disini.

Selain sebagai media bermain sambil belajar, disini juga kaya akan wahana bermain yang bisa dicoba untuk anak kecil maupun dewasa. Seperti, Snowbay Waterpark, Kereta Gantung, Istana Anak Anak Indonesia, Teater Imax Keong Emas, Teater 4D, Monorel Titihan Samirono, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Among Putro Skyworld, Taman Legenda Keong Emas, Kereta Mini, dan Pemancingan Telaga Mina.

Fasilitas yang disediaka pun sangat memadai serta mempermudah pengunjung. Diantara lain, Hotel Desa Wisata, Graha Wisata Hotel, Puri Caping Gunung, Pondok Pecel Madiun, Desa Seni dan Kerajinan, Pasar Buku Langka, Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, Sasono Adiguno, Sasana Kriya, Teater Tanah Airku, Teater Bhineka Tunggal Ika, Perahu Angsa, Mobil Wisata, dan Sepeda Wisata.

Sementara itu salah seorang pengunjung, Meidyana Aulisti yang berasal dari Depok, mengaku senang berwisata ke tempat ini dan menurutnya tempat ini cocok untuk bertamasya bersama keluarga maupun anak-anak sebagai sarana belajar.

“Wilayahnya luas banget, menyenangkan. Agak macet aja buat pindah tempat dari tempat satu ke tempat lain. Tapi pas banget buat liburan bareng keluarga dan anak kecil soalnya banyak anjungan daerah jadi bisa sambil belajar,” tutur Meidy.

Masih bingung liburan kemana? Yuk ajak keluarga ataupun kerabat untuk berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah! (Diaz Salwa Fadhila)