Jaga Keremajaan Kulit dengan 10 Langkah Ini

Pencemaran Lingkungan yang semakin meningkat adalah salah satu pemicu munculnya berbagai masalah kulit terutama penuaan dini dan inilah mimpi buruk terbesar bagi wanita. Penuaan dini yang terlihat di sudut bibir, mata dan bagian dahi menjadi ketakutan tersendiri yang membayangi wanita muda masa kini
. Pada dasarnya penuaan dini kerap terjadi pada wanita yang memiliki jenis kulit kering. Kulit kering mengalami kekurangan kadar sebum yang merupakan kandungan minyak untuk melindungi kulit dari polusi serta berfungsi untuk melembabkan kulit

Berikut 10 langkah praktis untuk menjaga keremajaan kulit:

Para spesialis mengingatkan bahwa menggunakan pelembab yang melebihi ketentuan akan berdampak negatif terhadap kulit berminyak dan menjadikannya makin buruk karena merangsang munculnya jerawat dan menutup pori-pori kulit. Demikian pula, kulit kering akan makin kering karena terkena krim yang berbahan dasar minyak.

Bersihkan kulit dengan hati-hati. Bahan-bahan kosmetik yang tersisa setelah pembersihan menjadikan kulit lebih sensitif. Demikian juga setelah lama tidak menggunakan pembersih wajah alami.

Pelembab sangatlah penting. Khususnya pada kondisi cuaca kering, seperti yang disebabkan oleh perangkat penghangat dan pendingin ruangan atau menahan haus dalam perjalanan panjang. Cara yang paling baik untuk menjaga kulit tetap lembab adalah lakukan penyemprotan wajah dengan air atau menguapinya. Kemudian, dilembabkan dengan krim pelembab yang sesuai. Jangan lupa letakkan sewadah penuh air di dekat alat penghangat ruangan untuk megurangi udara ruang yang kering.

Para spesialis kulit telat sepakat bahwa garis kerut dan keriput pada kulit penyebab utamanya adalah paparan sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, hindarilah matahari atau gunakan krim tabir surya yang mengandung unsur SPF15.

Semua kulit membutuhkan pengelupasan sekali dalam sepekan untuk membuang sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Lakukan pembersihan kulit dengan lembut, tidak dengan keras atau menggosoknya. Waspadailah efek pembersih kulit.

Jaringan kulit tipis pada bagian kelopak bawah mata tidak memiliki kelenjar minyak sehingga menjadi lebih cepat mengerut dan keriput. Jadi, sangat diperlukan penggunaan krim perawatan khusus mata meskipun banyak orang mengatakan bahwa Anda tidak membutuhkannya.

Merokok adalah faktor perusak kulit wajah yang paling utama. Para spesialis penyakit kulit mengatakan bahwa mereka dapat mengenal perokok dan dapat membedakannya dari orang bukan perokok. Hanya dengan sekali memandang wajah orangnya. Merokok menghalangi sampainya oksigen ke kulit, bahkan mencurinya dan memiliki andil dalam menghancurkan dua zat kolagen dan plastin yang menjadikan kulit tampak cantik dan halus.

Jangan berlebihan dalam diet! Pilihlah menu makanan dengan hati-hati! Diet yang sangat ketat adalah faktor utama yang membalik keadaan kulit wajah menjadi pucat dan lesu. Khususnya jika sudah berumur tiga puluhan. Ingatlah selalu bahwa kesehatan dan kesegaran kulit wajah pada dasarnya sangata bergantung pada pola makan yang seimbang.

Berolahragalah! Sebab, hal ini akan meningkatkan proses pembentukan sel-sel tubuh baru juga akan melancarkan peredaran darah yang menjadikan kulit wajah makin cerah dan berseri.

Tertawalah agar semua penghuni dunia tertawa untukmu. Tertawa merupakan satu obat yang sangat efektif untuk tetap awet muda.

 

Referensi: Hayya Al-Barrik dalam bukunya yang berjudul Washaya Dzahabiyyah Li al-Mar-ah al-‘Ashiriyyah

Komentar

Berita lainnya