oleh

Ohayou Gozaimasu, Salam Sapa Penyemangat Kerja

Japan Foundation. (istimewa)
Japan Foundation. (istimewa)

Suatu hal yang sudah biasa dilakukan atau melekat pada suatu kegiatan akan terlahir menjadi sebuah budaya. Setiap orang tentu punya lingkungannya masing-masing dalam beraktivitas, termasuk lingkungan kerja, baik itu dalam suatu perusahaan, rumah sakit, lembaga, dan sebagainya.

Budaya kerja adalah suatu falsafah dengan didasari pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan juga pendorong yang dibudayakan dalam suatu kelompok dan tercermin dalam sikap menjadi perilaku. Tentunya dengan ada budaya kerja ini mempunyai manfaat dan tujuan sebagai membangun komunikasi yang lebih baik, meningkatkan kebersamaan dan produktivitas kerja.

Japan Foundation (JF) adalah salah satu badan internasional yang berperan dalam pertukaran budaya dan bahasa jepang di Indonesia, kantornya berlokasikan di daerah Sudirman, Jakarta. Mereka mempunyai kebiasaan unik tersendiri, hal itu terlihat dari cara masing-masing pegawai menyapa satu sama lain di pagi hari dan saat jam pulang kerja.

BACA JUGA:  Istilah-Istilah Pinjaman Online yang Wajib Diketahui

Sapaan di pagi hari saat memasuki kantor “Ohayou gozaimasu (selamat pagi)” dan saat jam pulang kantor “osaki ni sitsureisimasu (saya pulang duluan)” maka serentak akan dijawab dengan “otsukaresamadesita (terima kasih atas kerja kerasnya).”

Tidak setiap perusahaan jepang menerapkan budaya sapa menyapa seperti yang dilakukan di Japan Foundation.

“Ini kedua kalinya saya bekerja dengan orang jepang. Di perusahaan sebelumnya kami terlihat bekerja masing-masing tidak ada sapa menyapa seperti di Japan Foundation” kata Ismiati salah satu staff di Japan Foundation.

BACA JUGA:  Hati-hati Jangan Jongkok di WC Duduk

Kebiasaan saling menyapa satu sama lain saat di dalam kantor membuat suasana menjadi nyaman dan sangat kekeluargaan. Banyak sekali kebudayaan luar yang bisa kita ambil contoh dan menerapkannya agar hubungan antar individu terjalin dengan baik.

Hani Dwi Putri

Komentar

Berita lainnya