oleh

Mengenal Bawang Dayak, Tanaman Sejuta Manfaat

Bawang Dayak.
Bawang Dayak.

DEPOK – Ada yang pernah mendengar atau mencicipi Bawang Dayak? Mencicipi Bawang Dayak, sama sekali tak tercium atau terasa aroma khas bawang yang menyengat. Yang terasa justru mirip-mirip rasa kacang segar. Bisa dikunyah langsung atau bisa juga dibuat menjadi minuman hangat dan segar.

Disela acara Gebyar Kuliner Kota Depok, depokpos berkesempatan berbincang dengan salah seorang penjual Bawang Dayak. Bram (45) mengaku sudah bertahun-tahun menjual bawang dayak yang dia beli langsung dari petaninya.

Menurutnya, bawang dayak yang juga dikenal dengan sebutan bawang berlian, bawang sabrang, bawang tiwai, bawang mekah dan bawang hutan inimemang belum terlalu dikenal luas. Namun dikalangan penyuka obat-obatan herbal, bawang dayak ini sudah sangat dikenal karena khasiatnya yang sangat banyak. Bawang ini juga dikenal dengan tanaman sejuta manfaat.

BACA JUGA:  Bahaya yang Mengintai Pecinta Kucing dan Cara Mencegahnya

“Orang memang kurang familiar dengan bawang dayak ini karena tanaman ini hanya ditemukan pada daerah tertentu saja. Bawang dayak telah lama dikenal di kalimantan sebagai tanaman obat,” ujar Bram.

Bram menambahkan, kandungan dan khasiat yang terdapat pada bawang dayak yang mampu mengobati berbagai macam penyakit sehingga oleh masyarakat kalimantan banyak digunakan sebagai tanaman obat.

Mengenal Bawang Dayak

Bawang dayak merupakan jenis tanaman yang berasal dari kelompok umbi-umbian. Secara fisik, bentuknya tidak jauh berbeda dengan bentuk bawang-bawangan pada umumnya. Perbedaan terletak pada warna umbinya yang lebih merah menyala dan memiliki permukaan buah yang sangat licin. Bagian umbi memiliki lapisan yang cukup tebal dan kerat. Tanaman ini mampu tumbuh kuat dengan tinggi antara 26 hingga 50 cm. Mudahnya tanaman ini untuk tumbuh menarik masyarakat untuk memanfaatkannya.

BACA JUGA:  4 Trik Mengeriting Rambut Tanpa Merusaknya

Ternyata kandungan yang terdapat pada tanaman bawang sabrang ini sangatlah banyak bahkan dapat menyembuhkan berbagai penyakit dari mulai flu hingga penyakit berat lain seperti kanker dan tumor. Apa sajakah khasiat yang terkandung dalam bawang dayak?

Inilah ulasan mengenai khasiat tanaman herbal ini.

Khasiat Bawang Dayak

Bawang dayak dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Berasal dari kebiasaan warga Kalimantan yang menggunakan umbinya sebagai obat sakit perut, obat flu, hingga penyakit kuning membawa penelitian lebih lanjut mengenai kandungan yang terdapat pada bawang hutan ini. Kemampuan tersebut tentu disebabkan oleh suatu senyawa aktif pada bawang dayak yang dapat dikembangkan sebagai tanaman obat herbal.

Menurut penelitian dan analisis kandungan, bawang dayak ternyata memiliki kandungan zat anti bakteri dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat mengobati beragam penyakit baik ringan maupun penyakit yang berat. Kandungan anti bakterinya dapat mencegah berkembangnya bakteri, virus dan mikroba lainnya sehingga menghentikan penularan penyakit. Sedangkan antioksidannya yang sangat tinggi mampu menghadapi radikal bebas sehingga efektif sebagai pencegah kanker, pencegah radang, tumor dan pendarahan.

BACA JUGA:  Bahaya Menonton Video Porno Terhadap Otak

Senyawa yang terkandung dalam bawang tiwai ini antara lain yakni senyawa aktif berupa naphtoquinones beserta turunannya. Kandungan tersebut yang membuat bawang dayak merupakan antibakteri alami yang ampuh dan dapat dijadikan sebagai pengobatan modern. Kandungan naphtoquinones tersebut juga menjadi salah satu zat aktif yang mampu mencegah kanker dan tumor. Penelitian ini memberikan alternatif pengobatan herbal terbaru.

Berikut tulisan dari Institut Pertanian Bogor yang meneliiti kandungan manfaat dari bawang dayak ini:

Komentar

Berita lainnya