10 Manfaat dan Kandungan Buah Srikaya

(Istimewa)

Jika kita mendengar nama Srikaya, maka kebanyakan dari kita yang mendengarnya akan tertuju atau teringat pada sebuah buah. Srikaya adalah salah satu jenis buah yang dalam bahasa latin disebut Annona Squamosa, atau buah srikaya dalam sehari-hari juga biasa disebut Buah Nona atau Mona.

Buah srikaya atau buah nona ini adalah salah satu jenis tanaman berbuah yang berasal dari daerah tropis, dan jika kita dalam klasifikasi ilmiah maka buah srikaya ini juga merupakan buah yang masuk dalam golongan genus Annona.

Buah srikaya merupakan buah yang memiliki bentuk khas jika dibandingkan dengan buah-buah lain pada umumnya. Rasanya yang manis dan enak untuk dikonsumsi menjadikannya memiliki penggemar tersendiri.

Buah srikaya juga mudah ditemukan, tidak jarang seseorang menanam pohon srikaya di area sekitar rumahnya. Karena buahnya yang sangat bandel dan mudah tumbuh dimana saja. Menanam srikaya tidak terlalu sulit, tidak seperti buah-buah yang membutuhkan waktu lama dan bahan dasar yang sulit dicari…

Jika kita ke pasar atau toko buah pasti buah tersebut cukup mudah kita jumpai. Peminat yang cukup banyak menjadikannya banyak dijual di masyarakat. Bahkan tak jarang masyarakat yang justru memiliki pohon buah ini sendiri. Namun selama ini kita hanya mengenal srikaya sebagai tanaman yang memiliki buah yang dapat dikonsumsi sedangkan tidak begitu paham tentang karakteristik buah itu sendiri.

Kandungan Buah Srikaya

Srikaya memiliki kandungan dan manfaat, baik itu dari akar, kulit pohon, biji, dan daun sriakaya. Sekarang kita masuk pada bagian kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah srikaya. Adapun kandungan yang terdapat dalam buah srikaya, yaitu:

• Asam amino
• Gula buah
• Mucilago
• Potassium
• Magnesium
• Niasin

Sedangkan untuk buah srikaya yang masih berusia muda mengandung tanin…

Selanjutnya kita akan mengetahui kandungan gizi yang terdapat dalam buah srikaya dengan takaran 100 gram, kandungan-kandungan gizi tersebut antar lain:

• Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Srikaya = 13,9 gram
• Jumlah Kandungan Energi Buah Srikaya = 63 kkal
• Jumlah Kandungan Protein Buah Srikaya = 1,1 gram
• Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Srikaya = 28,3 miligram
• Jumlah Kandungan Kalsium Buah Srikaya = 127 miligram
• Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Srikaya = 2,7 miligram
• Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Srikaya = 0,08 miligram
• Jumlah Kandungan Fosfor Buah Srikaya = 30 miligram
• Jumlah Kandungan Lemak Buah Srikaya = 0,5 gram

Manfaat Buah Srikaya

1. Menurunkan Kolesterol Tinggi
Srikaya yang memiliki cukup banyak kandungan niasin sehingga buah srikaya mampu menurunkan kadar kolesterol bagi penderita kolesterol. Konsumsi rutin buah ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

2. Sangat baik untuk pencernaan
Buah srikaya mengandung serat yang tinggi, kandungan tersebut menjadikan srikaya baik untuk dikonsumsi bagi para penderita konstipasi karena serat tersebut akan mampu mampu memperlancar pencernaan kita.

3. Baik Untuk Penderita Diabetes
Selain untuk memperlancar pencernaan, serat yang terdapat dalam srikaya dapat memperlambat laju penyerapan gula darah dalam tubuh manusia sehingga dapat mencegah kita dari penyakit diabetes

4. Srikaya sebagai obat diare
Buah srikaya yang masih muda mampu mengobati diare, kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah srikaya sangat efektif untuk membantu menyembuhkan diare.

5. Mencegah Asma
Dengan kandungan vitamin C yang dimiliki buah srikaya tentu ini dapat membuat srikaya menjadi pencegah beberapa penyakit, seperti penyakit asma. Hal ini dikarenakan vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan.

6. Menurunkan Hipertensi
Kandungan potassium yang ada pada srikaya akan berperan menurunkan tekanan darah pada tubuh manusia. Konsumsi dengan rutin buah srikaya ini sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Buah srikaya memiliki kandungan vitamin B sehingga dapat mencegah perkembangan dari homocystein yang mana homocystein dengan jumlah besar dapat menyebabkan stroke dan jantung koroner.

8. Menjaga Kesehatan tulang dan gigi
Buah srikaya juga mengandung magnesium. Sehingga magnesium yang kita dapat dari srikaya mampu membantu dalam menjaga kepadatan tulang.

9. Baik untuk Ibu Hamil
Manfaat buah srikaya untuk ibu hamil. Buah srikaya mengandung cukup tinggi asam folat, yang merupakan vitamin yang sangat penting bagi wanita hamil. Ibu menyusui juga dianjurkan untuk secara teratur mengkonsumsi buah srikaya karena dapat meningkatkan produksi ASI.

10. Meningkatkan Kesehatan Mata
Srikaya merupakan sumber yang kaya akan vitamin C dan riboflavin yang daapt membantu dalam mencegah masalah mata tertentu, seperti degenerasi makula, penglihatan yang buruk, rabun senja, serta mempertahankan penglihatan yang baik. [Norma Yunita/DepokPos]

Comments

comments