Smart Garden, Mengontrol Penyiraman Tanaman Berbasis IoT

Smart Garden, Mengontrol Penyiraman Tanaman Berbasis IoT

Smart Garden sendiri merupakan suatu penerapan atau rancangan sistem yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan dalam hal perkebunan

DEPOKPOS – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman ini sangatlah pesat, perkembangan ini dianggap sangat pesat karena di dasarkan oleh pengalaman nyata yang dirasakan oleh setiap orang.

Ada banyak permasalahan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan teknologi modern salah satunya adalah Internet of things (IoT).

Bacaan Lainnya

Internet of things sendiri merupakan salah satu konsep atau program dimana sebuah objek atau benda yang dapat dikontrol dari kejauhan hanya melalui internet.

Di zaman modern ini, Internet of things sangatlah membantu dalam hal mengontrol atau memonitoring perangkat yang terhubung dengan internet.

Sistem monitoring dapat diterapkan dalam berbagai konteks, seperti dalam teknologi informasi untuk memantau kesehatan dan kinerja jaringan komputer, server, dan aplikasi; dalam lingkungan industri untuk memantau operasi pabrik atau fasilitas; dalam bidang lingkungan untuk memantau kualitas udara, air, atau tanah; dan dalam banyak bidang lainnya.

Keuntungan dari sistem monitoring termasuk deteksi dini masalah atau ancaman potensial, meningkatkan kinerja dan efisiensi sistem, serta memberikan wawasan yang berharga untuk perencanaan dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Dengan menggunakan sistem monitoring yang tepat, organisasi dapat mengurangi risiko kegagalan sistem, mengoptimalkan kinerja operasional, dan meningkatkan keamanan serta keandalan sistem secara keseluruhan.

Salah satu penerapan Internet of things yang akan digunakan di sini adalah Smart Garden.

Smart Garden sendiri merupakan suatu penerapan atau rancangan sistem yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan dalam hal perkebunan yang dibantu dengan teknologi dan dikendalikan dengan mikrokontroller.

Pada dasarnya, Smart Garden dapat memberikan manfaat yaitu mampu mengontrol penyiraman tanaman, membaca pH tanah dan membaca keadaan suhu.

Dengan demikian, Internet of Things sebagai smart garden tidak hanya menghadirkan kemudahan dalam perawatan tanaman, tetapi juga meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya dan hasil panen, menjadikannya solusi yang menarik untuk para penghobi taman atau bahkan pertanian skala kecil hingga menengah.

Daffa Fawwaz Ubaidillah, Program Studi Mekatronika Politeknik Astra

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait