Mengoptimalkan SDM dalam UMKM

Mengoptimalkan SDM dalam UMKM

SDM yang kompeten dan memiliki kemampuan yang selaras akan membuat UMKM mampu bertahanan dan tumbuh pada pasar global

DEPOKPOS – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM )merupakan unit usaha yang mampu menghasilkan tenaga kerja yang cukup banyak di Indonesia dan ini adalah sektor yang sangat penting dalam perekonomian di Indonesia.

UMKM sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Dalam menjalankan perannya atau operasionalnya, UMKM perlu satu kunci dalam menyadari bahwa keberhasilan mereka perlu adanya pengelolaan sdm yang baik dan efektif. Sdm yang berkualitas akan menjadi tiang yang kokoh bagi keberhasilan UMKM.

Dalam era global dan persaingan yang begitu ketat , pengelolaan sdm harus semakin dikelola dengan baik yang berarti suatu keharusan dalam mengembangkan sdm yang berkualitas, dan juga akan menjadi investasi bagi kesuksesan UMKM.

SDM yang kompeten, dan memiliki kemampuan yang selaras akan membuat UMKM mampu bertahanan dan tumbuh pada pasar global.

BACA JUGA:  Dinamika Pasar dalam Ekonomi Mikro: Inovasi dan Kompetisi

SDM merupakan hal yang menyangkut dengan pengembangan, perbaikan, pengembangan, dan evaluasi karyawan agar mampu menghasilkan arah yang lurus untuk maju. Dengan kata lain kinerja yang semakin baik dan terarah bisa berhasil walaupun bisnis kecil pun bisa memberikan dampak yang besar. Namun untuk mencapainya diperlukan sdm yang baik, berkompeten dan efektif.

SDM dari penjelasan tersebut merupakan individu yang bekerja dalam suatu organisasi atau perusahaan, termasuk manajer, karyawan, pemilik usaha tertentu dan lainnya. Sdm juga mencakup keilmuan, keterampilan, pengalaman, dan sifat atau sikap kerja dalam mereka melakukan tindakan dalam suatu individu tersebut. Dalam hal ini SDM melibatkan proses rekrutmen, pelatihan, pengembangan, dan pengelolaan karyawan secara keseluruhan.

Banyak hal dimana SDM merupakan bagian terpenting bagi UMKM, dianggap sebagai bagian utama bagi tonggak UMKM. Oleh karenannya, untuk menunjang kemajuan bagi SDM yang berkualitas, SDM perlu memiliki proses yang menempatkan mereka sabagai bagian dari tonggak utama dari UMKM tersebut, diantaranya sebagai berikut;

Harus tersedianya pelatihan dan pengembangan yang tepat

UMKM perlu adanya penyediaan pelatihan agar dapat meningkatkan mutu perusahaan, dan kompetensi keterampilan bagi karyawan. Pelatihan tidak hanya membantu karyawan menguasai pekerjaan mereka tapi juga meningkatkan motivasi dan loyalitas mereka untuk perusahaan. Dalam memberikan peluang adanya promosi dalam karir mereka, UMKM dapat membangun tim yang berkompeten di bidang tersebut.

BACA JUGA:  Pengaruh Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas terhadap Bank Syariah

Memilih rekrutmen yang tepat

memilih karyawan yang mempunyai kompetensi dibidangnya dan sesuai dengan yang dicari, ini adalah langkah yang penting. UMKM perlu memastikan karyawannya memiliki jiwa loyalitas yang tinggi dan pengetahuan yang sesuai dalam bidangnya tersebut. Tidak hanya menguasi pekerjaan dengan baik tapi juga mampu melihat dampak apa yang mereka datangkan dan motivasi apa yang mereka berikan untuk perusahaan tersebut. Dengan merekrut karyawan yang tepat UMKM dapat mengoptimalkan potensi dan kreativitas karyawan tersebut.

Motivasi dan penghargaan bagi SDM

Motivasi dan penghargaan bagi sdm sangat berdampak bagi lingkungan yang mereka berikan untuk perusahaan seperti rasa tanggung jawab atas rasa memiliki atas perusahaan. Dan dengan memberikan pengakuan atas prestasinya, UMKM dapat meningkatkan kepuasan kerja dan mempertahankan karyawan yang berprestasi.

Komunikasi dan gaya kepemimpinan

Komunikasi yang baik menciptaan pula lingkungan yang kondusif yang saling terbuka dan saling mendukung merupakan hal yang penting dalam pengelolaan SDM. Selain itu juga, Kepemimpinan juga berperan penting dalam terciptanya suasana kebatinan karyawan dalam mengarahkan, memotivasi, dan menginspirasi karyawan.

BACA JUGA:  Prinsip Titipan Wadi’ah Yad Amanah dan Yad Dhamanah dalam Ekonomi Syariah

Perubahan yang berkelanjutan

UMKM harus bersaing dan mampu beradaptasi dengan sistem perubahan berkelanjutan yang terjadi di pasar dan lingkungan bisnis tertentu. Peratuan pemerintah juga mampu mempengaruhi bisnis operasional UMKM. Dengan memilik SDM yang berkompeten dan mampu dan selalu belajar, UMKM dapat dengan cepat menyesuaikan dengan keadaan perubahan lingkungan dan menyesuaikan srategi bisnis mereka agar tetap kompetitif di pangsa pasar.

Dalam hal ini sumber daya manusia yang baik sebagai hal yang terpenting untuk menjalankan UMKM dengan baik. Strategi perencanaan yang matang yang terorganisir dengan baik akan mampu memberikan pelawanan agar mampu tetap kompetitif dalam lingkungan bisnis yang semakin hari semakin berkembang dengan sangat pesat.

Muhammad Asyraf Yazin Hakiki, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait