Cara Menghindari HP Cepat Panas Saat Main Game Seharian

Cara Menghindari HP Cepat Panas Saat Main Game Seharian

DEPOKPOS – Bermain game di ponsel memang menyenangkan dan bisa menghabiskan waktu berjam-jam tanpa terasa. Dari game battle hingga game website yang dimainkan di m88asia, ada saja game yang ingin dimainkan sepanjang hari. Namun, ada satu masalah yang sering muncul saat bermain game terlalu lama, yaitu ponsel yang cepat panas atau overheating.

Kondisi overheating tidak hanya membuat ponsel menjadi lambat, tetapi juga berpotensi merusak perangkat jika dibiarkan terus-menerus. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghindari HP cepat panas saat main game seharian.

Salah satu penyebab utama ponsel cepat panas adalah penggunaan yang berlebihan dan kondisi lingkungan yang tidak mendukung, seperti bermain di bawah sinar matahari langsung.

Selain itu, aplikasi game yang membutuhkan performa tinggi juga dapat meningkatkan suhu ponsel dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa cara efektif untuk mencegah ponsel Anda mengalami overheating saat bermain game seharian, sehingga Anda bisa menikmati permainan tanpa khawatir akan merusak perangkat.

Hindari main game di bawah sinar matahari langsung

Cara utama untuk menghindari ponsel dari overheating adalah dengan menjauhkan ponsel dari paparan sinar matahari langsung. Hindari menyimpan ponsel di tempat yang dapat memerangkap panas seperti di dalam saku, ransel, atau di bawah handuk/selimut, serta di dasbor mobil, terutama ketika ponsel sedang dalam kondisi hangat.

Paparan sinar matahari langsung dan tempat yang memerangkap panas dapat meningkatkan suhu ponsel dengan cepat, memperburuk kondisi overheating.

Hindari main game di dalam mobil pada cuaca panas

Selain itu, hindari bermain ponsel di dalam mobil saat suhu lingkungan sedang tinggi. Ketika cuaca terik, suhu di dalam mobil bisa mencapai 63 derajat Celsius, yang berpotensi menyebabkan overheating pada ponsel.

Suhu yang ekstrem di dalam mobil tidak hanya berbahaya bagi kesehatan ponsel tetapi juga bisa merusak komponen-komponen internalnya. Kondisi ini dapat menyebabkan ponsel menjadi lambat, aplikasi tidak berjalan dengan baik, dan bahkan memperpendek umur perangkat.

Main game di suhu ruangan yang dianjurkan

Agar suhu ponsel stabil saat main game, disarankan untuk menggunakan ponsel pada suhu ruangan antara 0 hingga 35 derajat Celsius. Ini membantu menjaga kinerja ponsel tetap optimal dan mencegah terjadinya overheating. Selain itu, bagi pengguna iPhone, Apple merekomendasikan agar perangkat disimpan di tempat dengan suhu antara -20 hingga 45 derajat Celsius.

Hindari memakai charger yang tidak ori

Meskipun penggunaan charger yang tidak original banyak yang tidak menimbulkan resiko, tetapi ada sejumlah kecil charger palsu yang justru dapat menyebabkan ponsel menjadi panas. Untuk menghindari resiko overheating yang disebabkan oleh charger palsu, sebaiknya hindari penggunaan charger yang tidak resmi dan tidak memiliki reputasi yang baik.

Jika Anda tidak memiliki aksesori charger dari pabrikan ponsel, pilihlah kepala charger dan kabel charger pihak ketiga dari merek yang terpercaya dan memiliki ulasan positif. Charger berkualitas rendah dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti peningkatan suhu ponsel yang berlebihan, pengisian daya yang tidak stabil, dan bahkan kerusakan pada perangkat.

Menutup aplikasi yang berat

Anda dapat mencegah ponsel dari suhu tinggi dengan menghindari penggunaan aplikasi berat, misalnya aplikasi pengeditan yang membutuhkan kinerja tinggi.

Aplikasi yang memerlukan daya pemrosesan besar cenderung membuat ponsel bekerja lebih keras, sehingga meningkatkan suhu perangkat. Dengan membatasi penggunaan aplikasi semacam ini, terutama saat ponsel sudah mulai terasa hangat, Anda bisa menjaga suhu ponsel tetap stabil. Selain itu, cobalah untuk menutup aplikasi yang tidak sedang digunakan agar prosesor ponsel tidak terbebani secara berlebihan.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait