Jamaah Haji Gelombang 1 Mulai Pulang ke Tanah Air Hari Ini

Jamaah Haji Gelombang 1 Mulai Pulang ke Tanah Air Hari Ini

DEPOKPOS – Jamaah haji Indonesia gelombang pertama mulai dipulangkan ke Tanah Air secara bergelombang mulai 22 Juni 2024, yang sebagiannya akan diterbangkan melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

“Alhamdulillah puncak haji sudah usai. Hari ini kita mulai memberangkatkan jamaah dari Makkah untuk kembali ke Tanah Air,” kata Direktur Bina Haji Kementerian Agama Arsad Hidayat di Makkah, Jumat.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Anniversary Ke 5 FWJ Indonesia Tanamkan Nilai Budaya Bangsa, Songsong Indonesia Maju

Arsad Hidayat mengatakan ada perbedaan skema kepulangan jamaah gelombang 1 di tahun ini. Sebanyak 49 kelompok terbang (kloter) gelombang I akan dipulangkan melalui Bandara AMAA Madinah.

Pada penyelenggaraan sebelumnya, seluruh jamaah haji gelombang pertama pulang melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Sementara jamaah gelombang kedua melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

“Tahun ini, tidak semua jamaah gelombang I dipulangkan melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Ada 49 kloter yang akan dipulangkan melalui Madinah. Termasuk SOC 02 yang kita antar pagi ini,” kata Arsad.

BACA JUGA:  Terlilit Tali Layangan, Helikopter Jatuh di Bali

Arsad menyampaikan SOC 02 termasuk jamaah kloter awal yang segera dipulangkan usai wukuf. Penimbangan koper pun telah dilakukan jauh-jauh hari, bahkan sebelum wukuf.

“Bahkan untuk penimbangan barang bagasi yang biasa dilakukan sekitar 48 jam sebelum keberangkatan, untuk SOC 2 karena masuk kategori keberangkatan awal itu ditimbang sebelum pelaksanaan wukuf,” kata dia.

BACA JUGA:  PBNU Keluarkan Surat Larangan Kerja Sama dengan Lembaga Berafiliasi Israel

Sementara itu, Kepala Daerah Kerja Madinah Ali Machzumi menjelaskan hari ini direncanakan ada enam kloter gelombang pertama yang akan tiba di Madinah untuk selanjutnya diberangkatkan ke Tanah Air.

“Mereka akan transit satu malam, lalu 22 Juni 2024 diberangkatkan ke Indonesia,” kata Ali.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait