Peran Ibadah dalam Kesehatan Mental Seseorang

Seberapa pentingkah ibadah untuk kesehatan mental?

Ibadah merupakan suatu hal yang dicintai serta diridhai oleh Allah,baik dalam perkataan maupun perbuatan , yang dzahir maupun yang bathin. Tujuan utama dari ibadah adalah untuk menyembah kepada sang pencipta dan untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Adapun Manfaat dari beribadah dalam islam adalah untuk membersihkan jiwa dari segala hal yang buruk,serta memberikan perasaan damai dan ketenangan dalam hati.

Tak jarang beberapa orang beranggapan bahwa orang yang mengalami gangguan Kesehatan mental disebabkan oleh keimanan yang rendah. Pengaruh atau dampak Tingkat spiritualitas keimanan seseorang bukanlah satu satunya yang dapat memengaruhi Kesehatan mental seseorang,padahal banyak sebab yang lainnya,diantaranya seperti tekanan yang berat dalam dunia kerja sehingga orang tersebut mengalami stress depresi yang berat.

Peran ibadah 

Ibadah dapat memberikan dukungan emosional,ketenangan jiwa dan pikiran yang dapat berpengaruh dengan Kesehatan mental seseorang sehingga menciptakan keseimbangan dan ketenangan dalam kehidupan sehari hari.

Di era milenial seperti sekarang seperti remaja kini banyaknya penderita depresi yang beberapa diantaranya disebabkan oleh banyaknya faktor tekanan.sehingga merasakan stress berlebih yang Dimana sangat mengganggu Kesehatan fisik dan psikisnya.dan sangat berpengaruh untuk kegiatan sehari harinya

BACA JUGA:  Kenali Bahaya Junk Food bagi Kesehatan

Kesehatan Mental 

Menurut WHO Kesehatan mental itu sendiri adalah suatu keadaan Sejahtera mental yang memungkinkan seseorang mengatasi tekanan hidup,menyadari kemampuannya,belajar dengan baik dan bekerja dengan baik,serta berkontribusi pada komunitasnya.

Kesehatan mental juga mencakup kemampuan untuk menangani emosi secara seimbang,merawat Kesehatan mental melibatkan kesadaran terhadap perasaaan.maka dari itu sangat penting untuk mencari dukungan saat diperlukan dan mengurangi stigma terkait masalah Kesehatan

Kesehatan mental sangat penting untuk kondisi kehidupan sehari hari,karena suasana hati fikiran sangat berpengaruh dalam kehidupan,maka dari itu untuk menjaga ksehatan mental sangat penting untuk memperhatikan berbagai macam faktor seperti dari dukungan sosial dari lingkungan sekitar,pola tidur yang cukup,serta pengakuan tergadap perasaan sendiri juga sangat berperan penting dalam merawat kesehatan mental.selain itu kitab isa mengatasi masalah kesehatan mental seperti mencoba bercerita dengan teman dekat ataupun kelurga ataupun dengan orang yang professional ahli dibidang kesehatan mental agar dapat memberikan dukungan yang diperlukan untuk mengatasi masalah perasaan yang sedang dialami olehnya.

BACA JUGA:  Tumbuh Bersama Al-Qur'an

Dalam surah Al Baqarah ayat 286 :

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”

Ayat ini memberikan penghiburan kepada manusia dan mengajarkan manusia untuk berserah diri kepada allah,melepaskan beban yang terlalu berat, dan meminta perlindungan serta ampunan nya.

BACA JUGA:  Mental Health: Memahami Sumber Daya Kesehatan Mental

Dalam surat Ar Rad ayat 11 :

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٌ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍ سُوٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ