Fasilitas yang Baik, Satu Faktor Wajib Keberhasilan Kegiatan Pembelajaran

Fasilitas yang Baik, Satu Faktor Wajib Keberhasilan Kegiatan Pembelajaran

DEPOKPOS – Kunci keberhasilan belajar salah satunya adalah ruangan yang nyaman dan kondusif. Yaitu ruangan kelas yang dilengkapi dengan sarana penunjang pembelajaran yang lengkap. Seperti LCD proyektor, komputer untuk presentasi mata kuliah bagi dosen, whiteboard, AC, dan bangku kuliah yang nyaman bagi mahasiswa. Ruangan kelas yang baik ialah ruangan kelas yang dapat memberikan keluasan melaksanakan pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa.

Kurangnya fasilitas alat pembelajaran juga berpengaruh menurunkan tingkat kenyamanan dan kondusifitas pembelajaran. Salah satu contoh kasus adalah LCD proyektor yang tidak bisa dihidupkan atau AC mati. Akibatnya pembelajaran dirasakan tidak nyaman oleh dosen dan mahasiswa. Sehingga pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan dengan nyaman dan kondusif menjadi terganggu.

BACA JUGA:  Imam al-Ghazali tentang Mekanisme Pasar dalam Ekonomi Islam

Berbagai kendala yang dirasakan saat pembelajaran membuat kegiatan perkuliahan tidak efektif. Terkadang saat LCD proyektor tidak bisa digunakan, dosen tidak bisa menerangkan materi dari layar. Sehingga dosen harus menulis materi di papan terlebih dahulu baru menjelaskan materi tersebut kepada mahasiswa. Dosen bisa saja mengirim file materi kepada mahasiswa melalui grup, namun lebih baik jika materi ditampilkan dilayar besar disamping papan tulis. Jika dikirim melalui grup, bisa saja mahasiswa menjadi tidak fokus memperhatikan materi dan terganggu atau malah bermain hp.

Kendala lain misalnya AC yang mati. Kepanasan saat sedang belajar tentunya membuat konsentrasi menurun. Jika konsentrasi menurun untuk memahami materi yang disampaikan dosen pun jadi sulit. Saat mengerjakan tugas atau soal juga tidak bisa fokus karena kepanasan. Hal tersebut akhirnya membuat kegiatan perkuliahan menjadi tidak efektif.

BACA JUGA:  Mewujudkan Masyarakat Digital yang Cerdas dan Bertanggung Jawab di Indonesia: Tantangan dan Peluang di Era Transformasi Digital

Alternatif atau solusi bagi masalah tersebut penanggungjawab mata kuliah dapat mencarikan ruangan yang memiliki fasilitas lebih layak. Namun, untuk memakai ruangan perkuliahan diluar jadwal yang ditetapkan oleh prodi, memerlukan izin dari administrator ruangan. Setelah mendapatkan izin, ruangan tersebut baru bisa terpakai. Karena jam kelas yang sudah ditetapkan tidak boleh terganggu agar tidak terjadi tubrukan jam mata kuliah dengan kelas lain. Bagaimanapun kegiatan perkuliahan memerlukan ruangan yang nyaman dan kondusif agar dapat berjalan dengan baik.

BACA JUGA:  Menanggulangi Ancaman Keamanan Siber: Upaya Penguatan Kapasitas SDM dan Infrastruktur

Selain itu, penanggungjawab mata kuliah juga dapat mengusulkan jadwal mata kuliah di lain hari. Penanggungjawab mata kuliah juga harus mencari jam kelas yang sesuai dengan jam dosen dan mahasiswa lainnya. Hal itu pun jadi tantangan bagi penanggungjawab mata kuliah saat fasilitas perkuliahan tidak berjalan baik. Seharusnya, fasilitas-fasilitas yang kurang baik tersebut segera diperbaiki. Agar saat digunakan dapat memberikan kenyamanan bagi dosen dan mahasiswa untuk menjalani kegiatan perkuliahan.

Asqiya Azhari Qolbi
Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait