Dampak Menggunakan Oli Palsu pada Motor

Umumnya efek penggunaan oli palsu pada motor tak begitu terasa pada jangka pendek

DEPOKPOS – Dampak penggunaan oli palsu yang paling utama adalah berkurangnya fungsi utama dari pelumas. Karena fungsinya sebagai pelumas tidak optimal, maka efeknya mesin menjadi cepat panas lantaran oli cepat menguap.

Umumnya efek penggunaan oli palsu pada motor tak begitu terasa pada jangka pendek. Namun dalam jangka panjang, efek negatifnya bisa terlihat.

Bacaan Lainnya

Salah satu efeknya adalah komponen akan cepat aus lantaran oli yang fungsinya sebagai pelumas tak optimal melindungi gesekan antar komponen pada motor.

Hal ini tentu berbeda dibanding oli asli yang umumnya memiliki lima fungsi utama yakni sebagai pelumas, perapat, pendingin, pembersih, dan pencegah karat.

Pada oli palsu, kelima fungsi tersebut sudah berkurang sehingga akan berdampak pada komponen dalam jangka panjang.

Lalu, bagaimana cara membedakan oli palsu dan asli? Hal yang perlu diperhatikan pertama, jangan tergiur dengan oli yang dibanderol dengan harga murah dan dirasa kurang wajar.

Pastikan juga membeli oli di bengkel resmi untuk menghindari potensi mendapat oli palsu. Sedangkan dari fisik oli itu sendiri, konsumen harus jeli melihat tampilan oli.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait