VOKASI UI Gaungkan Inovasi Kepemudaan Lewat Ajang PRAction 2023

DEPOKPOS – PRAction yang diselenggarakan oleh mahasiswa Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), tahun ini mengangkat tema “Fierce Future Generation”. Puncak acara berlangsung di Auditorium Vokasi UI, Kampus Depok (Kamis, 8/6), dihadiri Yuliandre Darwis Ph.D. (penasehat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia), tiga narasumber pengisi acara talkshow, yakni Ronny Barra Pratama (Ketua DPD KNPI Jakarta), Khadijah Al Makiyah (Psikolog dan Sociopreneur), Syafiul Muktapa (CEO Bicara Pede Academy), mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya yang menjadi nominee kategori perlombaan, serta dosen dan mahasiswa UI.

Berbagai cabang perlombaan dikompetisikan pada ajang PRAction 2023, yakni Debate Competition, Public Speaking, PR Campaign, Poster, dan Creative Video. Kompetisi tersebut terbuka bagi anak muda guna mengeksplorasi kreativitas dan bakat mereka dengan standar nasional.

Yuliandre Darwis menanggapi positif PRAction 2023 tersebut dan berpendapat bahwa dalam menyambut bonus demografi Indonesia pada 2030, generasi muda memiliki peran penting dalam membangun perekonomian nasional. “Karakteristik anak muda yang kreatif, adaptif, dan inovatif harus terus dikembangkan agar dapat berdaya saing pada revolusi industri 4.0 dan ekonomi digital,” ujarnya. PRAction 2023, katanya, merupakan salah satu upaya melatih generasi muda dalam berinovasi dan berkreasi dengan memanfaatkan keterampilan digital.

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Pada acara puncak PRAction 2023 ditampilkan talkshow dan pengumuman pemenang kompetisi yang diberi tema “Pelopor Inovasi: Peran Anak Muda dalam Meningkatkan Citra Indonesia di Mata Dunia”. Barijani Mahesa Putra, mahasiswa Program Studi (Prodi) Hubungan Masyarakat yang merupakan atlet nasional di cabang sepatu roda dan mahasiswa berprestasi Utama Vokasi UI 2022, menjadi moderator yang memandu talkshow tersebut.

Wakil Direktur Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum Vokasi UI, Priyanto, S.S., M.Hum., berpendapat bahwa, “PRAction 2023 sebagai wujud komitmen kami untuk menjadi bagian penting dalam menyiapkan generasi muda yang unggul, kreatif, dan berdaya saing global.”

Pemenang Debate Competition adalah M. Fauzan Ilham, Androw Ferdinand, dan Laily Nazwa Muslim dari UI. Juara kedua dimenangkan oleh siswa dari SMAN 77 Jakarta, yang terdiri dari Riyaan Baihaqi, Dorojatun Danisrayyan Dhaifan Muhammad, dan Rafa Rally Soelistiono. Juara ketiga adalah mahasiswa UI (Futihat Nurul Karimah, Keisya Alifia Purwadi, dan John Barcley Simamora).

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Pemenang kategori lomba News Anchor adalah Moh. Iman Samiaji (Juara 1) dari Universitas Moestopo, oleh Devita Riana (Juara 2) dari Universitas Padjajaran, dan Manogar Hutasoit (Juara 3) dari Universitas Udayana. Untuk lomba Poster Digital, pemenangnya adalah Rotua Rahmad Rajana Soleh dari Universitas Padjajaran, Juara 2 Muhammad Iqbal Azinuddin Hazmi dari SMA Progresif Bumi Bershalawat Sidoarjo, dan Juara 3 Saeful Rochman dari Universitas Padjajaran. Selain itu, pada lomba Video Kreatif dijuarai oleh Neverland Squad yang terdiri atas Omegared Yohanis Nababan dan Reza Pardamean Gurning dari Universitas Jenderal Ahmad Yani Yogyakarta. Juara 2 berhasil diraih oleh Falyafi Project (Idfi Widya Kusuma, Putri Cahyaningtias, dan M. Nurul Falachi) dari Universitas Muhammadiyah Malang, dan Juara 3 didapatkan oleh Smasif Production (Ramzy Fauzan Maarif, Faiq Admaja Wibowo, dan Waode Aulia Z.U) dari SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo.

Sementara itu, pemenang pada kompetisi PR Campaign adalah Tap In Team dari Universitas Padjajaran yang terdiri dari Janebethia Alice Riamelia, Nadira Armatia Alifah, dan Nazhifah Zalfa. Juara 2 diraih oleh TimTam Team dari Universitas Udayana (I Made Doddy Krisna Prayogha, Putu Shinta Cili Narungan, dan Ni Putu Jessica Sasi) dan Juara 3 diraih oleh Fortuna Team dari Universitas Padjajaran (Destiny Aulia, Deihani Tesalonika, dan Geeriza Vittoria).

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

PRAction 2023 merupakan project mahasiswa prodi Humas sebagai salah satu bentuk praktikum dari mata kuliah Pengelolaan Proyek Ajang Khusus dan Protokoler. Mahasiswa diajak untuk membuat sebuah acara dengan melewati berbagai proses, baik pra-acara, acara, dan pasca acara. Kegiatan ini dihadiri oleh pengunjung yang berasal dari berbagai daerah, seperti Sidoarjo, Medan, Bandung, Bali, dan lainnya.