Fakta Menarik dan Mitos Bunga Tulip

Bunga Tulip ditemukan pertama kali di wilayah Iran dan Turki

DEPOKPOS – Salah satu jenis bunga yang sangat populer di dunia dengan keindahan dan kecantikan warnanya yaitu bunga tulip. Bunga tulip menjadi salah satu bunga yang paling banyak dicari karena keberagaman warna bunga yang dapat memikat hati.

Selain keindahannya, Bunga tulip juga memiliki sejumlah fakta menarik dan mitos yang mengelilinginya. Di dalam artikel ini, mari kita mengenal lebih jauh mengenai bunga tulip.

Asal-usul dan Sejarah Bunga Tulip

Bunga Tulip ditemukan pertama kali di wilayah Iran dan Turki. Masyarakat Persia kuno mengenal bunga tulip pada abad ke-10 yang kemudian dibawa ke Eropa oleh duta besar Kekaisaran Ottoman pada abad ke-16.

Di Eropa, khususnya di Belanda pada abad ke-17 bunga tulip mencapai tingkat harga yang luar biasa tinggi dan dikenal sebagai “Tulip Mania”.

Ragam Warna dan Varietas

Bunga tulip memiliki lebih dari 3.000 variasi warna dan bentuk bunga yang telah dikembangkan oleh para penanam bunga di seluruh dunia.

Variasi warnanya mulai dari merah, kuning, putih, ungu, oranye, hingga hitam. Warna bunga tulip juga memiliki arti yang berbeda, seperti warna merah yang melambangkan cinta dan keinginan, kuning yang melambangkan kebahagiaan dan persahabatan, serta putih yang melambangkan kesucian dan kejujuran.

Varietas bunga tulip dibedakan berdasarkan tinggi dan bentuk kelopaknya, mulai dari tulip bergaya tulang ikan hingga tulip berbentuk seperti mangkuk yang lebar.

Mitos dan Makna di Balik Bunga Tulip

Bunga tulip tidak terlepas dari mitos yang mengitarinya. Salah satu mitos dari bunga tulip terkenal dari abad ke-17 dimana banyak yang mengatakan bahwa bunga tulip dapat menyebabkan penyakit serius jika seseorang tidur dengan bunga tersebut di dalam ruangan yang tertutup. Mitos ini terkenal karena tulip memiliki aroma yang kuat dan apabila dibiarkan di dalam ruangan yang tertutup, bisa mengganggu kesehatan.

Tiara Nur Aisyah
Mahasiswa dari Universitas Pamulang