Tips Memilih Wedding Venue untuk Pernikahan Impian

DEPOKPOS – Bagi pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan, wedding venue menjadi salah satu hal utama yang mereka pikirkan, selain bujet. Bagaimana tidak, wedding venue biasanya menjadi penentu apakan pernikahan impian Anda bisa terwujud atau tidak. Tak heran jika banyak orang yang rela menunggu lama venue yang diinginkan demi bisa mewujudkan pernikahan impian mereka.

Apalagi, tak jarang banyak orang juga yang mencari wedding venue outdoor, karena ingin mengusung konsep garden party dan sebagainya. Hal inilah yang membuat banyak vendor kini menawarkan berbagai alternatif venue yang sesuai dengan kebutuhan para calon pengantin, salah satunya adalah cari venue di Yesido.

Namun, menentukan wedding venue yang diinginkan nyatanya tak semudah yang dibayangkan. Banyak orang yang akhirnya harus mencari lama yang sesuai dengan preferensi mereka.

Jika ingin mudahnya, calon pengantin biasanya akan mengandalkan wedding organizer untuk membantu mereka memilih dan menentukan wedding venue yang cocok. Walau demikian, sebelum memutuskan untuk memakai jasa wedding organizer, ada baiknya Anda dan pasangan perlu mempertimbangkan beberapa hal ketika memilih tempat. Apa saja

1. Diskusikan Konsep Pernikahan dan Bujet

Sebelum memutuskan untuk mencari venue pernikahan yang cocok, ada baiknya Anda dan pasangan punya konsep tentang pernikahan seperti apa yang diinginkan. Buat juga rancangan bujet yang sesuai dengan kemampuan Anda dan pasangan. Misalnya saja apakah kamu menginginkan pernikahan di dalam atau di luar ruangan. Tentukan pula tema yang ingin diusung ketika pernikahan nanti, karena ini berkaitan dengan venue yang tepat untuk dipilih.

BACA JUGA:  Mengenal Amicus Curiae dalam Sengketa Hasil Pilpres 2024

Selain itu, sebisa mungkin Anda harus mengkurasi venue-venue yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet. Dengan adanya patokan bujet khusus untuk venue, Anda jadi bisa mempersempit pilihan bujet yang sesuai keinginan.

Jangan terlalu terburu-buru untuk menentukan anggaran venue, karena detail pernikahan lainnya pun masih banyak yang harus Anda pikirkan dan sesuaikan dengan bujet. Dengan mempersempit pilihan venue, hal ini juga akan mempermudah Anda ketika survei dan tidak perlu capek harus bolak balik mencari venue yang sesuai.

2. Tentukan Lokasi Pernikahan

Hal lainnya yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih wedding venue adalah lokasi pernikahan. Anda bisa menentukan lokasi pernikahan, apakah hotel, gedung, restoran, atau lainnya. Anda juga harus menentukan apakah lokasi wedding venue mudah dijangkau, sehingga tidak menyusahkan para tamu yang hadir.

Banyak juga pasangan yang memilih melangsungkan pernikahan di rumah, agar tamu mudah menghadiri undangan pernikahan mereka. Apalagi jika Anda tinggal di lingkungan yang dekat dengan para tetangga, melangsungkan pernikahan di rumah menjadi salah satu opsi terbaik.

BACA JUGA:  Pilar Manajemen yang Kuat sebagai Pengelolaan Sumber Daya dan Mengarahkan Visi

Namun, Anda juga tetap bisa memilih venue lain yang sesuai dengan preferensi, misalnya gedung pernikahan yang tak jauh dari rumah. Hal ini bisa memudahkan para tamu, seperti tetangga dan teman dekat untuk hadir pada hari pernikahan Anda. Untuk itu, jangan lupa untuk menentukan lokasi pernikahan yang sesuai, ya.

3. Pertimbangkan Fasilitas yang Diberikan Venue

Selanjutnya, saat memilih wedding venue, Anda juga harus teliti dan mempertimbangkan fasilitas apa saja yang bisa diberikan oleh tempat tersebut. Tidak hanya memudahkan pengantin, wedding venue dengan fasilitas yang lengkap juga bisa memudahkan para tamu yang hadir.

Anda bisa mencari tahu atau bertanya tentang berapa banyak tamu yang bisa ditampung di venue tersebut. Kemudian, cari tahu tanggal yang masih tersedia, sehingga bisa disesuaikan dengan tanggal pernikahan yang Anda inginkan. Tanyakan juga biaya sewa venue, beserta skema pembayarannya. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan jumlah parkir yang tersedia di venue, sehingga bisa memperkirakan berapa banyak orang yang dapat diundang.

Selain itu, Anda bisa juga menambahkan pertanyaan lainnya untuk memastikan kesiapan dan kualitas dari venue yang dipilih. Agar pernikahan berjalan nyaman dan lancar, tak ada salahnya juga memilih venue yang eksklusif, yang bisa memberikan seluruh lantai untuk pernikahan Anda.

BACA JUGA:  Tari Topeng Betawi: Tradisi Seni Teater Pertunjukkan Masyarakat Betawi

4. Mengecek Paket Pernikahan dan Vendor Rekanan

Biasanya, saat memilih wedding venue, tak jarang tempat tersebut juga menyediakan paket pernikahan all-in yang bisa memudahkan Anda, sekaligus menghemat bujet. Venue-venue tersebut juga biasanya bekerja sama dengan vendor-vendor pernikahan, seperti catering, dekorasi, hingga sounds.

Untuk itu, saat survei wedding venue, ada baiknya Anda juga mengecek dan bertanya apakah mereka menyediakan paket pernikahan. Jika iya, cek juga vendor-vendor yang bekerja sama dengan mereka. Anda bisa mengecek reputasi dan review dari vendor-vendor tersebut untuk melihat kualitas yang diberikan.

5. Mempertimbangkan Cuaca

Hal terpenting terakhir yang harus Anda perhatikan ketika memilih wedding venue adalah mempertimbangkan cuaca, apalagi bagi mereka yang ingin menggelar pernikahan outdoor. Sebab, kita tidak bisa tahu apakah cuaca pada bulan dan tanggal pernikahan kita benar-benar cerah atau tidak.

Selain itu, dengan mempertimbangkan cuaca, kita juga jadi bisa memilih tenda yang sesuai untuk para tamu. Misalnya saja jika di outdoor, Anda bisa mempertimbangkan tenda untuk melindungi tamu dari sinar matahari atau hujan.

Bagaimana, sudah siap memilih wedding venue yang sesuai dengan keinginan?