Eksplorasi Kampus di UIopendays 2023

DEPOKPOS – UIopendays merupakan acara tahunan Universitas Indonesia (UI) yang bertujuan untuk memberikan informasi terkait program pendidikan yang ada di UI. Kegiatan yang dilaksanakan sejak tahun tahun 2013 ini, menghadirkan 14 fakultas, 1 program pendidikan vokasi serta 2 sekolah interdisiplin. Bertempat di Balairung untuk open booth serta Balai Sidang kampus UI Depok untuk presentasi program Kelas Internasional, kegiatan ini berlangsung 2 hari, tanggal 27 dan 28 Mei 2023.

Rangkaian kegiatan UIopendays 2023 diantaranya presentasi dan tanya jawab dengan narasumber serta konsultasi mengenai pemilihan jurusan dan karir di masa depan. UIopendays 2023 juga menghadirkan sesi campus tour yang memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk berkeliling kampus UI menggunakan bis kuning (bikun). Selain itu tersedia juga booth yang menyediakan official merchandise UI.

Acara ini dilaksanakan oleh Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI dan pertama dilakukan secara tatap muka sejak pandemi covid-19. “Selama pandemi kami tetap melaksanakan UIopendays secara daring,” ujar Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Dra. Amelita Lusia, M.Si dalam sambutannya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi secara detail mengenai jalur masuk UI. “Nikmati hari ini, tanya sejelas-jelasnya kepada kakak-kakak yang ada di booth, semoga yang hadir hari ini dapat diterima menjadi warga UI,” ujar Amelita menyemangati pengunjung.

BACA JUGA:  UI Terbaik di Indonesia Versi QS WUR by Subjects 2024

Sekretaris Universitas UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., juga menyampaikan bahwa acara ini merupakan kesempatan bagi siswa/i SMA/sederajat, orang tua, dan para guru untuk menggali informasi tentang UI sedalam-dalamnya. “Khusus kepada para guru, para kepala sekolah, kami ucapkan terima kasih telah memberi perhatian pada kegiatan ini dan telah mendampingi putra/i Bapak/Ibu sekalian di waktu yang signifikan untuk kehidupan mereka di masa yang akan datang,” lanjut dr. Agustin.

BACA JUGA:  Adnan Hasyim Wibowo Jadi Wakil UI di Pemilihan Mahasiswa Bereprestasi Tingkat Nasional 2024

Salah satu orang tua murid menyatakan bahwa ia mengetahui UIopendays2023 melalui putrinya. Ia sangat mendukung keinginan putrinya untuk mengikuti UIopendays 2023 dan turut mendampingi sekaligus menikmati lingkungan kampus UI secara langsung. Putrinya juga menyatakan bahwa ia mendapatkan banyak sekali informasi yang tidak dapat ia peroleh dari internet semata. Dengan komunikasi langsung bersama para mahasiswa aktif, ia mendapatkan gambaran menyeluruh tentang bagaimana cara masuk ke dalam fakultas tersebut, bagaimana kehidupan di dalam fakultas tersebut, hingga apa saja kegiatan yang bisa ia ikuti di dalamnya.

Indri, siswi SMA kelas XII yang berasal dari Tangerang menyatakan kebahagiaannya dapat mengikuti kegiatan ini. “Saya senang bisa berada di dalam kawasan kampus UI. Melalui sesi campus tour saya bahagia dapat melihat fakultas impian saya secara langsung, ujarnya.

BACA JUGA:  Dua Mahasiswa UI Juara Logo Riset Inovatif Produktif Kolaborasi Indonesia dan Singapura

Selama 2 hari ini, UIopendays 2023 dihadiri lebih dari 13.600 pengunjung yang tidak hanya berasal dari wilayah Jabodetabek dan sekitarnya bahkan dari luar Pulau Jawa seperti kota Medan. Kegiatan ini juga dapat disaksikan melalui streaming Youtube channel UI dan UIteve. Informasi terkait penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia dapat dikses pada laman ui.id/penerimaan.