Novel Baswedan: Sudah Rahasia Umum Firli Banyak Lakukan Pelanggaran

DEPOKPOS – Mantan penyidik senior KPK Novel Baswedan menyebut sudah menjadi rahasia umum Firli banyak melakukan pelanggaran.

“Sudah menjadi rahasia umum ketika di media disampaikan tentang banyak pelanggaran yang dilakukan oleh Firli Bahuri ini,” kata Novel ditemui wartawan di Kantor Dewan Pengawas KPK, Jakarta, Senin (10/4/2023).

Salah satu aksi Firli adalah sering mengambil gambar saat KPK sedang melakukan ekspose.

BACA JUGA:  Kontroversi Revisi UU Penyiaran: Larangan Penayangan Ekslusif Jurnalistik Investigasi

“Saya teringat Firli Bahuri ketika mengikuti ekspose, bahkan ketika masih menjadi Deputi Penindakan dia sering memfoto-foto risalah atau dokumen rahasia ekspose,” kata Novel.

Novel pun menduga bahwa modus ini masih dilakukan Firli pada kasus dugaan korupsi di Kementerian ESDM. Pada kasus tersebut Firli diduga membocorkan dokumen penyelidikan.

“Ternyata modus ini diduga sama. Dia memfoto dan kemudian memberikan kepada pihak yang berperkara,” kata Novel.

BACA JUGA:  RSCM Sukses Transplantasi Hati Pasien Dewasa dengan Komorbid

Menurutnya perbuatan Firli tersebut sudah tidak dapat ditoleransi lagi, karena sudah mengarah ke tindakan menghalangi-halangi penyelidikan.

“Ini kan membocorkannya sudah pada level menghalang-halangi penyidikan. Tentunya saya lebih melihat ini pidana. Tapi terlepas dari pidana, ini menjadi ujian buat Dewas KPK untuk bisa menegakkan etik dengan cara yang baik demi kepentingan KPK,” kata Novel.

BACA JUGA:  Kisah Pilu Ibu Perjuangkan Anak Kandungnya, Akses Komunikasi Diputus Paksa