Mudik Lebih Awal, Aman dan Berkesan, Berangkat!

DEPOKPOS – Berakhirnya pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan tidak adanya lagi pembatasan mudik lebaran akan berdampak pada melonjaknya jumlah pemudik.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan potensi pergerakan nasional pada mudik Lebaran 2023 sebanyak 123,8 juta orang (45,8%) atau meningkat dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 31,6% (85,5 juta orang).

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Salimah Konsisten Dukung Palestina Merdeka

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Robby Kurniawan mengungkapkan khusus untuk Jabodetabek, potensi pergerakan pemudik diperkirakan melonjak mencapai 54,31% atau sebanyak 18,3 juta orang (pada 2022 sebesar 14,3 juta pemudik).

Salah satu konsekuensi dari lonjakan jumlah pemudik ini adalah potensi terjadinya penumpukan arus mudik pada satu waktu.

Oleh karena itu, lanjut Robby, Menteri Perhubungan mengimbau masyarakat yang akan mudik agar memilih waktu dengan bijak untuk menghindari kepadatan volume kendaraan diwaktu yang sama.

BACA JUGA:  BPK Temukan Penyimpangan Anggaran Perjalanan Dinas PNS Rp39 M

Kementerian Perhubungan juga mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik dengan alasan keselamatan.

Pemudik bisa menggunakan moda transportasi umum dan moda lainnya yang lebih aman atau mengikuti program Mudik Gratis dari Pemerintah dengan menggunakan angkutan umum.

“Kami mengajak semua pihak untuk menyebarluaskan pesan dalam melaksanakan mudik dengan selamat, aman, nyaman, lancar, dan sehat, serta mengajak bersama-sama agar melakukan mudik lebih awal dengan menggunakan transportasi umum massal dibandingkan kendaraan pribadi,” ujar Robby Kurniawan saat menjadi pembicara kunci Talkshow Hybrid yang bertajuk “Yuk Bestie, Mudik Lebih Awal, Agar Lebih Aman dan Berkesan” yang berlangsung di Terminal Poris Plawad, Tangerang (12/4).

BACA JUGA:  BPK RI Temukan Pungli di Sekolah, Pj Bupati Bogor Kumpulkan Kepala Sekolah

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit Pendanaan dan Pengawasan Angkutan BPTJ Ghoefron Koerniawan memaparkan kesiapan armada selama masa Angkutan Lebaran 2023 di wilayah Jabodetabek.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait