Mengatasi Gangguan Kecemasan

DEPOKPOSAnxiety atau kecemasan merupakan nama yang sering kita dengar dan banyak kasusnya yang dapat kita temukan pada saat ini.

Ciri-ciri yang biasanya terjadi yaitu, merasakan cemas, gelisah, detak jantung yang cepat, serta pernapasan yang tidak teratur.

Sebenarnya hal ini merupakan bagian yang normal dalam aktivitas seseorang, namun apabila kecemasan tersebut sampai menganggu aktivitas sehari-hari, tidak kunjung hilang, dan semakin buruk maka bisa menjurus kepada salah satu gangguan mental, yakni anxiety disorder.

Penyebab dari anxiety disorder sendiri belum dapat dikatakan secara pasti, tetapi biasanya dipengaruhi oleh lingkungan dan faktor stress yang tinggi.

Orang-orang yang mengidap gangguan tersebut seringkali merasakan ketakutan dan kecemasan berlebihan di tempat yang bahkan orang-orang kebanyakan tidak merasakan hal tersebut.

Insomnia atau kesulitan dalam tiudr pun kerap kali menyerang orang dengan gangguan mental ini. Itulah mengapa anxiety disorder dapat menghambat aktivitas seseorang dan menjadi keresahan bagi orang-orang yang mengidapnya.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk setidaknya mengurangi rasa cemas yang berlebihan? Berikut hal yang bisa Anda lakukan untuk mengelola kecemasan, yaitu :

1. Olahraga secara teratur
2. Melakukan relaksasi sebelum melakukan suatu hal yang membuat cemas
3. Tidur cukup dan makan seimbang
4. Kenali diri sendiri : potensi, kebiasaan, adaptasi

Dikutip dari perkataan Ust. Zaidul Akbar, anxiety berhubungan dengan kekurangan mineral, salah satunya zat besi. Makanan yang bisa Anda coba untuk mengatasinya yaitu memakan kurma, karena kurma mengandung banyak zat besi.

Sabrina
Mahasiswa S1 Program Studi Psikologi Universitas Binawan

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait