Lebaran Depok Bakal Digelar Selama 4 Hari di Bojongsari

DEPOKPOS – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) bersama Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD) siap menggelar Lebaran Depok Tahun 2023.

Perhelatan tersebut direncanakan berlangsung selama empat hari, mulai 17 hingga 20 Mei mendatang di Perumahan Candi Graha, Kecamatan Bojongsari.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Jemaah Asal Depok Bersiap Jalani Puncak Ibadah Haji

Ketua Umum KOOD, Ahmad Dahlan mengatakan, Lebaran Depok bertujuan untuk mengangkat dan melestarikan seni budaya Betawi Depok. Acara tersebut dimeriahkan dengan berbagai pagelaran kebudayaan dan kebiasaan zaman dahulu masyarakat Kota Depok menjelang Hari Raya Idulfitri.

Seperti, Ngubek Empang dan Nyenengin Baju di hari pertama, kemudian, Potong Kebo Andil di hari kedua.

Pada hari ketiga ada Pasar Pengabisan dan Nganam Kulit Ketupat dan terakhir yaitu hari Lebarannya.

BACA JUGA:  DLHK Depok Tangkap Tangan 11 Pembuang Sampah Liar

“Akan ada kegiatan seru lainnya, seperti bazar, Gambang Kromong dan Parade Qosidah,” ujarnya usai mengikuti Rapat Persiapan Lebaran Depok dan Pekan Kebudayaan di kantor Disporyata Depok, Selasa (04/04/23).

Dirinya menuturkan, Kecamatan Bojongsari terpilih sebagai lokasi kegiatan karena di wilayah tersebut masih banyak dihuni oleh suku Betawi. Oleh sebab itu, masih menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat yang dimiliki.

“Lokasi tersebut juga strategis karena dekat dengan wilayah perbatasan, seperti Tangerang Selatan dan Kabupaten Bogor, sehingga warga Betawi dari luar Depok bisa ikut meramaikan,” jalasnya.

BACA JUGA:  Pastikan Tak Ada Calo, IBH Sidak Pelayanan Publik di Dibaleka II Kota Depok

Lewat kegiatan ini, diharapkan tradisi budaya Betawi bisa kembali eksis, sehingga bisa diwariskan kepada generasi mendatang.

“Selain itu juga dapat memberikan informasi kepada warga yang tinggal di Depok, namun bukan berasal dari Depok,” tutupnya.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait