Bahaya Penyakit Malaria

DEPOKPOS – Malaria adalah penyakit yang dapat menyebabkan demam tinggi, menggigil, dan nyeri otot. Dapat tertular dari gigitan nyamuk yang terinfeksi. Malaria sangat jarang terjadi di Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri jumlah penderita malaria ini tidak banyak ditemukan namun ada dibeberapa daerah yang masih menderita malaria seperti di provinsi wilayah timur dan papua barat.

Sebagian besar kasus kematian banyak ditemukan pada anak- anak di bawah 5 tahun. Malaria juga paling banyak di temukan pada wilayah Afrika, Asia Tenggara, Amerika Selatan, dan Sub-Sahara Afrika.

Malaria juga dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Termasuk kerusakan pada jantung, paru-paru, ginjal, atau otak. Penyakit malaria ini dapet dicegah dan disembuhkan namun bisa jadi penyakit mematikan.

BACA JUGA:  Tips Membagi Waktu untuk Ibu Pekerja Ketika Menyambut Liburan Sekolah

Apa yang menyebabkan malaria?

Malaria merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk parasite plasomodium yang ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk anopheles betina yang terinfeksi.

Malaria disebabkan oleh parasit bukan virus atau sejenis bakteri lainnya, penyakit malaria ini dapet dicegah dan disembuhkan namun bisa jadi penyakit mematikan.

Terdapat 4 jenis parasit plasmodium yaitu:

  • Plasmodium vivax
  • Plasmodium ovale
  • Malariae plasmodium
  • Plasmodium falciparum

Plasmodium falciparum adalah yang paling banyak ditemukan dan biasanya menjurus pada malaria berat dan sering menyebabkan kematian.

Seseorang yang terkena plasmodium falciparum dapat mengalami gagal hati, ginjal, kejang-kejang bahkan koma.

Apa saja tanda dan gejala malaria?

Ada beberapa tahap dan gejala malaria terkadang mirip dengan gejala infeksi lain yang disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit. Gejala ini dapat dimulai dengan gejala seperti flu. Gejala-gejala tersebut dapat meliputi:

  • Demam (gejala yang paling umum)
  • Menggigil
  • Sakit kepala
  • Berkeringat
  • Kelelahan
  • Mual dan muntah
  • Nyeri tubuh
  • Umumnya merasa sakit
BACA JUGA:  Tips Membagi Waktu untuk Ibu Pekerja Ketika Menyambut Liburan Sekolah

Apa yang membuat penyakit malaria ini bahaya?

Malaria yang disebabkan oleh parasit Plasmodium falciparum sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit yaitu kejang, hingga koma. Malaria yang satu ini menjadi salah satu penyebab kematian akibat malaria tertinggi di dunia. Orang yang terinfeksi malaria berkali-kali mungkin mengidap penyakit ini tetapi hanya memiliki sedikit gejala.

Seberapa parah gejala malaria dapat bervariasi, tergantung pada usia, kesehatan umum dan jenis parasit malaria yang mereka dapatkan.

Malaria dapat menyebabkan gangguan fungsi otak, tulang sumsum belakang, kejang atau kehilangan kesadaran. Jenis infeksi malaria yang paling berbahaya dapat mematikan.

BACA JUGA:  Tips Membagi Waktu untuk Ibu Pekerja Ketika Menyambut Liburan Sekolah

Ketika malaria memburuk, malaria dapat menyebabkan anemia dan penyakit kuning (menguningnya kulit dan bagian putih mata).

Bagaimana cara mengobati malaria?

Diagnosis dan pengobatan yang tepat adalah elemen dasar pengendalian malaria. Tentunya mengkonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep yang di berikat dokter.

Obat-obatan yang saat ini tersedia untuk pengobatan malaria termasuk klorokuin, amodiakuin, primakuin sulfadoksin-pirimetamin, meflokuin, atovaquone-proguanil, kina, doksisiklin, dan turunan artemisinin yang sering digunakan dalam terapi kombinasi.

Salsabila Dinar Nadya Khairunnisa
Mahasiswa prodi keperawatan Universitas Binawan

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait