Tetap Bugar saat WFH ala Marinir

Ditengah Pandemi Covid-19 saat ini, pemerintah mengeluarkan berbagai macam kebijakan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Salah satunya adalah dengan mewajibkan pekerja di bidang non-essential untuk bekerja dari rumah. Akan tetapi kita harus selalu menjaga kebugaran tubuh meskipun harus diam dirumah untuk beberapa waktu. Selaras dengan hal tersebut, pada tahun 2020 yang lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis pedoman berolahraga bagi orang dewasa di tengah pandemi virus corona, yakni selama 150 menit atau 2,5 jam setiap minggunya.
Berikut adalah beberapa tips dari salah seorang Perwira Marinir TNI AL bagaimana agar tubuh tetap bugar selama menjalani work from home. “Jadi dalam masa pandemi seperti ini yang harus dijaga dan perlu diperhatikan adalah sistem imun, salah satunya adalah dengan berolahraga” tutur Kapten Marinir Risa Bhekti, seorang perwira TNI AL yang berdinas di Mabes TNI AL, Senin 2 Agustus 2021.
Kapten Risa mengajak kita agar mau berolahraga dengan aktif, apa pun gerakannya. Hal ini dinilai lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali. Seseorang dapat memulai olahraga dari yang paling ringan sampai meningkatkan frekuensi, intensitas, dan durasi dari waktu ke waktu. Alternatif lain, melakukan olahraga untuk memperkuat massa otot.
Beberapa tips menjaga kebugaran tubuh dimasa pandemi yaitu
⦁ Sempatkan rutin berolahraga atau minimal aktif bergerak.
⦁ Istirahat cukup dan hindari bergadang.
⦁ Makan teratur dan gizi seimbang ( sebisa mungkin hindari makanan berminyak )
⦁ Cukup minum air putih.
⦁ Asupan vitamin cukup.
⦁ Hindari rokok dan minuman beralkohol, dan
⦁ Menjaga kebersihan diri dan hati ( selalu berfikir positif )
Semua hal diatas saling berhubungan satu sama lain dan saling mendukung masing-masing komponennya karena dengan kita mengaplikasikan gaya hidup sehat maka akan terbentuk pula fisik, mental, jiwa, pikiran yang akan membawa kita ke tubuh yang sehat.
Beberapa olahraga yang dapat dilakukan dengan sederhana di rumah yaitu, Jalan cepat mengelilingi bagian dalam atau luar rumah selama 10-15 menit, sebanyak dua sampai tiga kali per hari, Naik turun tangga jika di rumah dilengkapi dengan tangga, gunakan tangga sebagai alat untuk olahraga sederhana. Seperti jalan cepat, naik turun tangga juga termasuk jenis olahraga aerobic, hindari penggunaan lift jika kita bergiat di kantor sebagai ganti waktu olahraga kita serta usahakan untuk menghirup udara pagi maupun matahari pagi jika dirasa kita terlalu lama berada diruangan ber AC, karena terlalu lama di ruangan ber AC akan membuat tubuh cepat lelah, mengantuk yang berakibat turunnya sistem imun tubuh kita.
Kemudian untuk melengkapi jenis olahraga aerobik dapat dilanjutkan dengan latihan kekuatan otot, untuk mencari contoh gerakannya, Anda dapat memilih tutorial di internet yang sesuai dengan kondisi tubuh. Misalkan untuk memandu push-up, burpees, lunges dan gerakan lainnya. Terlepas dari jenis olahraga di rumah untuk meningkatkan daya tahan tubuh di atas, perhatikan intensitasnya. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imun, Anda disarankan latihan fisik dengan intensitas sedang. Hindari latihan fisik dengan intensitas berat karena justru bisa melemahkan daya tahan tubuh. Olahraga intensitas sedang adalah saat latihan fisik, seseorang masih bisa bicara walaupun terengah-engah. Sedangkan olahraga intensitas tinggi ditandai dengan susah bicara ketika sedang melakoni latihan fisik.
“Selain olahraga, tentunya harus selalu mengkonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung zat gizi lengkap. Yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. yang diperlukan oleh tubuh,” tambah perwira lulusan Akademi Angkatan Laut 12 tahun silam ini.
Dan yang terakhir adalah tetap berdoa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena hanya dengan bersyukur dan berserah diri kepadaNya, kita semua akan dapat melewati Pandemi Covid-19 ini. “Sehat akan terasa mahal pada saat kita sakit, karena sehat tidak bisa dibeli dengan apapun kecuali kemauan dan kesadaran diri kita untuk melakukan gaya hidup sehat.” Tutup perwira yang pernah tergabung dalam Satgas Kontingen Pasukan Garuda tersebut.
Eko Jasindo Riyanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.