oleh

Cara Remaja Menghadapi Hoaks COVID-19 di Era Globalisasi 

Dalam era sekarang ini globalisasi memegang suatu peranan yang sangat penting dalam proses komunikasi. Kita dapat melihat contohnya lewat penggunaan media sosial yang sangat lumrah di kalangan masyarakat khususnya remaja. Lewat penggunaan media sosial, informasi menjadi semakin mudah dan cepat untuk tersebar. Kita pun juga menjadi lebih sadar terkait situasi terkini yang terjadi di sekitar kita.

Globalisasi tentu memberikan banyak dampak baik bagi kemajuan komunikasi dan penyebaran informasi. Karena orang-orang dapat dengan mudah memberikan informasi kapanpun dan dimanapun mereka berada. Tetapi, dalam keadaan pandemi sekarang ini globalisasi dapat pula di salah gunakan. Banyak orang yang menyalahgunakannya dengan menyebarkan informasi palsu terkait situasi pandemi.

Selama pandemi COVID-19 berlangsung sudah banyak sekali hoaks yang bermunculan di internet. Hoaks yang beredar hanya akan memperburuk situasi di kala pandemi. Karena hoaks tersebut dapat membuat masyarakat menjadi tidak sadar tentang ancaman nyata yang berada di depan mata mereka. Masyarakat tidak hanya harus menghadapi virus COVID-19, tetapi juga harus menghadapi bahaya dari hoaks dan misinformasi yang ada di internet.

Sebagai remaja yang paham dengan penggunaan teknologi. Penting untuk kita memiliki kemampuan memilah informasi yang beredar di internet. Kemampuan memilah informasi tersebut akan sangat berdampak positif bukan hanya untuk diri kita sendiri tetapi juga untuk orang-orang terdekat kita, seperti anggota keluarga kita yang tidak paham betul dengan penggunaan teknologi.

BACA JUGA:  Peran TIK dalam Pembangunan Sebuah Negara

Dengan dapat memilah informasi yang beredar di internet, kita akan menjadi lebih sigap dalam menghadapi situasi pandemi. Selain itu, kita juga dapat menyebarkan informasi yang benar kepada orang-orang terdekat kita. Sehingga teman-teman dan keluarga kitapun dapat terhindar dari bahaya hoaks yang hanya akan membawa dampak buruk. Lalu bagaimana cara kita memilah informasi di internet?

1. Membaca informasi dari sumber yang terpercaya

Untuk dapat memilah informasi di internet, kita harus mulai membaca informasi dari sumber yang terpercaya. Karena globalisasi orang-orang dari berbagai tempat di seluruh dunia dapat menyebarkan suatu informasi hanya dalam waktu sepersekian detik melalui jari tangannya. Kemudahan menyebarkan informasi tersebut menyebabkan tidak jarangnya tersebar informasi-informasi hoaks. Penting untuk kita selalu memastikan sumber daripada informasi yang kita baca. Seperti dalam situasi pandemi sekarang ini, penting bagi kita untuk mempercayai situs-situs seperti situs World Health Organization (WHO) dan Kementrian Kesehatan (KEMENKES).

BACA JUGA:  Peran TIK dalam Pembangunan Sebuah Negara

2. Berpikir logis dan kritis ketika membaca informasi

Kita harus selalu berpikir secara logis dan bersikap kritis ketika membaca informasi. Setiap membaca informasi, kita harus mempertanyakan tentang masuk akal tidaknya informasi tersebut. Penting juga untuk selalu bersikap kritis dengan mencari tahu lebih lanjut tentang kebenaran informasi. Karena banyak sekali informasi-informasi palsu yang beredar di media sosial. Jika kita tidak berpikir dengan logis dan tidak bersikap kritis maka ancaman hoaks akan sangat mudah untuk masuk ke dalam diri kita.

3. Membandingkan sumber-sumber informasi yang kita baca

Jika kita mendapatkan informasi dari suatu sumber, ada baiknya kita membandingkan informasi sumber itu dengan informasi sumber lainnya. Kita tidak bisa hanya mempercayai satu sumber informasi. Ruang lingkup kita dalam menggali suatu informasi harus luas. Dengan membandingkan informasi, kita akan lebih mengetahui tentang kebenaran informasi tersebut. Karena dengan membandingkan sumber-sumber informasi, kita dapat melihat kejadian tersebut dari berbagai perspektif. Lalu, kita dapat menentukan informasi seperti apa yang paling tepat dari perbandingan antara sumber-sumber berita tentang kejadian tersebut.

BACA JUGA:  Peran TIK dalam Pembangunan Sebuah Negara

4. Membaca berita secara menyeluruh

Untuk menangkap semua informasi dari berita, penting untuk kita membacanya secara menyeluruh dan bukan hanya sekedar membaca judul dan poin-poin dari berita tersebut. Terdapat banyak artikel yang judulnya dibuat semenarik mungkin agar orang ingin membacanya. Banyak pula yang malah menciptakan suatu kesalahpahaman dari judulnya tersebut. Maka, penting untuk kita sebagai generasi muda untuk membaca suatu berita atau informasi secara menyeluruh dan teliti.

Hal-hal di atas merupakan cara yang harus dilakukan agar kita dapat memilah berbagai macam informasi yang beredar di internet. Di era globalisasi dan situasi pandemi sekarang ini, sangat penting untuk kita lebih memerhatikan semua informasi yang kita baca. Sebagai generasi muda, kita harus bisa melindungi orang-orang terdekat kita dari ancaman hoaks. Maka sangat penting untuk kita terus menerapkan hal-hal di atas setiap membaca suatu informasi.

Ditulis oleh Fiolita Medina, London School of Public Relations Communication and Business Institute.

Komentar