oleh

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Selama #DiRumahAja

Maharisti Fatikhah Sari.

Oleh Maharisti Fatikhah Sari, Mahasiswi LSPR Communication and Business Institute

Virus Covid-19 yang telah menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia membuat pemerintah harus mengeluarkan kebijakan untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Salah satunya kebijakan tersebut ialah imbauan pemerintah untuk di rumah saja, seperti yang dikatakan oleh Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers di Istana Bogor beberapa bulan yang lalu.

Dengan adanya kebijakan ini, sebagian besar orang mungkin merasa bosan dengan rutinitasnya, merasa kurang produktif, bahkan mengalami stress. Terkadang kita lupa untuk melakukan aktivitas fisik dan terpaku di depan laptop untuk kerja atau belajar. Oleh karena itu, kita membutuhkan kegiatan yang dapat menjadi sarana refreshing untuk tubuh kita.

Yuk lihat ada kegiatan apa saja yang bisa kita lakukan!

Olahraga

Coba luangkan waktu mu untuk olahraga ringan seperti jalan pagi, sit up, push up, yoga, bersepeda, atau olahraga apapun yang kamu suka.

BACA JUGA:  Waspadai Dampak Alergi Susu Sapi pada Tumbuh Kembang Aanak

Dilansir dari Alodokter, ternyata olahraga dapat mengurangi stress. Kok bisa? Jawabannya, karena tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin untuk mengurangi rasa sakit dan memberikan energi positif saat kita berolahraga.

Membersihkan Rumah

Mungkin saat kamu membaca artikel ini, kamar atau rumah mu berantakan? Hmm, habis ini beres-beres ya!

Menurut penelitian yang diterbitkan dari British Journal of Sports Medicine, 20 menit membersihkan rumah bisa mengurangi kecemasan dan stress hingga 20 persen.

Kamu bisa mulai dengan membersihkan dan menata ulang kamarmu. Mengingat kamar adalah salah satu ruangan yang paling sering ditempati, suasana kamar yang nyaman dan rapi pastinya akan membuat hati senang.

Mulai Berbisnis

Kalau kita perhatikan, semakin banyak orang yang memperhatikan kebersihan dan protokol Kesehatan karena adanya pandemi Covid-19.

Dengan fenomena tersebut, pandemi ini bisa loh kita bisa manfaatkan sebagai peluang bisnis. Misalnya, dengan memulai berjualan masker kain, handsanitizer, peralatan makan, atau bahkan makanan dan minuman produksi rumahan.

BACA JUGA:  Waspadai Dampak Alergi Susu Sapi pada Tumbuh Kembang Aanak

Melakukan Perawatan Diri

“Dirumah mulu bukannya glow up malah glow down”. Hayoo siapa yang sering ngerasa gini? Perasaan dirumah terus tapi kok kondisi wajah dan tubuh makin memburuk?

Hal ini bisa dipengaruhi oleh kegiatan kita sehari-hari loh. Mulai dari jam tidur yang kacau, kurang minum air putih, sampai penggunaan gadget yang berlebihan bisa menjadi penyebabnya.

Dari beberapa hal yang telah ditinjau oleh dr. Rizal Fadli dari Halodoc, katanya sinar biru dari gadget bisa merusak kulit kita, ih serem banget ya.

Maka dari itu, kita bisa melakukan aktivitas merawat diri sendiri dengan tidur yang cukup, mendengarkan musik atau menonton film, mengkonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, mengurangi penggunaan gadget, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  Waspadai Dampak Alergi Susu Sapi pada Tumbuh Kembang Aanak

Bercengkrama dengan Keluarga

Waduh, dirumah terus tapi kok jarang ngobrol sama keluarga? Sebagian dari kita mungkin banyak yang merindukan kehidupan sosial sebelum pandemi, dimana kita banyak menghabiskan waktu bersama teman-teman. Tapi kalau dipikir-pikir, kapan lagi bisa kumpul dengan keluarga? Kita bisa manfaatkan masa pandemi seperti ini untuk mendekatkan diri kepada mereka. Hal ini juga bisa menjadi salah satu refleksi diri untuk lebih bersyukur dengan apa yang masih kita miliki saat ini.

Masih banyak lagi kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk refreshing selama dirumah aja. Walaupun sederhana, namun hal ini tidak hanya bermanfaat untuk kamu sendiri, tapi juga orang lain. Ingat, dengan tetap dirumah aja, kamu juga menjadi pahlawan dalam mengurangi angka kasus Covid-19.
Stay healthy and stay safe everyone!

Komentar

Berita lainnya