oleh

Akhir Pekan #DirumahSaja, Anda Bisa Lakukan Ini Bersama Keluarga

Penyebaran wabah virus corona yang begitu cepat membuat pemerintah harus mengambil tindakan preventif. Di berbagai tempat di Indonesia, murid-murid diharuskan belajar dari rumah, demikian juga karyawan-karyawan kantor. Masyarakat diminta tinggal di rumah demi memutus rantai penularan.

Tak terkecuali pada akhir pekan dimana merupakaan saat-saat penting bersama keluarga. Bagi yang sudah terbiasa berakhir pekan di luar, tinggal di dalam rumah bukan perkara mudah.

Berikut beberapa kegiatan selama akhir pekan yang bisa anda lakukan bersama keluarga di rumah:

1. Memasak bersama

Salah satu cara sederhana untuk menghabiskan waktu menyenangkan bersama keluarga adalah dengan memasak bersama. Tak perlu memasak sesuatu yang terlalu rumit. Anda bisa memulainya dengan membuat kue kering atau cookies dengan bentuk yang lucu untuk dijadikan sebagai cemilan yang bisa anda nikmati pada aktifitas berikutnya.

BACA JUGA:  Istilah Politik Aliran dan Perkembangannya di Indonesia

2. Menonton film bersama

Film bisa menjadi alternatif terbaik untuk mempererat hubungan dengan anggota keluarga. Cobalah untuk memilih beberapa film bersama dan bangunlah diskusi dari tontonan tersebut. Gunakan kesempatan ini untuk mengasah kepercayaan diri anak-anak saat mengutarakan opini mereka. Namun, ingat tetaplah buat suasana senyaman dan menyenangkan. Lengkapi suasana menonton dengan camilan yang dibuat bersama sebelumnya.

3. Mengerjakan pekerjaan rumah bersama

Social distancing juga merupakan saat yang tepat bagi anda meliburkan asisten rumah tangga, ajak keluarga dirumah membersihkan rumah bersama. Cara ini bukan hanya bisa jadi alternatif menghabiskan waktu bersama jadi lebih menyenangkan, tapi juga mengajarkan anak-anak untuk belajar bertanggung jawab.

BACA JUGA:  Istilah Politik Aliran dan Perkembangannya di Indonesia

4. Berkemah di halaman rumah

Jika anda memiliki halaman yang relatif luas, manfaatkan untuk berkemah bersama keluarga di halaman rumah anda. Selain aman, berkemah di halaman rumah bisa menjadi petualangan kecil bagi anak. Saat berkemah anak juga bisa belajar untuk bekerjasama dan lebih mandiri.

5. Bakar-bakaran bersama

Mungkin istilah kerennya adalah family barbeque, tapi kita lebih akrab dengan istilah bakar-bakaran. Tak perlu menunggu malam tahun baru atau hari raya idul adha, kegiatan ini bisa anda lakukan disela-sela berkemah di halaman rumah. Bisa membakar sate, ikan, ayam, sosis atau sekedar membakar jagung.

BACA JUGA:  Istilah Politik Aliran dan Perkembangannya di Indonesia

6. Berkebun bersama

Kegiatan ini bisa dilakukan pagi hari setelah berkemah bersama pada malam sebelumnya. Berkebun bersama keluarga akan menjadi salah satu alternatif kegiatan yang menyenangkan. Selain bisa mengenalkan anak-anak dengan berbagai tanaman, kegiatan ini juga bisa membuat rumah lebih sejuk. Tanaman hijau dan berbagai bunga akan membuat rumahmu terasa lebih indah.

Itulah beberapa alternatif menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di rumah, selain untuk mencegah mata rantai penyebaran Covid-19 yang sudah sangat mengkhawatirkan, kegiatan bersama keluarga di rumah juga bisa lebih membangun hubungan bersama keluarga menjadi lebih harmony terutama pada masa-masa sulit seperti saat ini. [san]

 

Komentar

Berita lainnya