oleh

Destinasi Air Tejun Eksotis di Lumajang

Lumajang memiliki berbagai pesona alam yang indah. Tak heran, lumajang masuk dalam daftar daerah yang wajib dikunjungi jika ingin pergi berlibur. Mulai dari dataran tinggi hingga rendah, daratan dan perairan, semuanya memiliki pesonanya masing-masing yang menggoda untuk dikunjungi.

Kota yang di juluki “Austria van Java” atau Austria-nya Pulau Jawa ini memiliki banyak destinasi air terjun yang indah. Seperti air terjun Coban Sewu yang digadang-gadang keindahannya mirip dengan air terjuin Niagara.

Selain Coban Sewu, apalagi sih air terjun yang menarik di Lumajang? Nah, berikut daftar-daftar destinasi air terjun yang dimiliki Lumajang:

Air terjun Kabut Pelangi

Air terjun Kabut Pelangi, Lumajang. (Foto Istimewa)

Di air terjun ini, sering dijumpai pelangi yang tercipta dari hasil pembiasan air dan cahaya matahri. Maka dari itu, masyarakat lokal menyebut air terjun ini Coban atau Antrukan Kabut Pelangi.

Air terjun Kabut Pelangi memiliki ketinggian mencapai 100 meter sehingga panorama yang tercipta begitu menarik dan eksotis

Air terjun ini terletak di di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru. (Foto Istimewa)

Air terjun yang menarik selanjutnya yaitu air terjun kapas biru. Di sebut kapas biru karena aliran air yang deras dan berwarna putih ini dianggap menyerupai sebuah kapas, lalu nama “biru” diambil darri kesan warna kebiruan jika dilihat dari kejauhan.

Tebing tinggi berwarna gelap, hijaunya tumbuhan, sejuknya udara, serta dinginnya air terjun merupakan pemandangan dan suasana yang disajikan oleh air terjun kapas biru.

Air Terjun Manggisan

Air terjun Manggisan. (Foto: Istimewa)

Nama manggisan tersebut berasal dari banyaknya pohon buah manggis di sekitar air terju tersebut. Namun pohon-pohon tersebut utmbang akibat derasnya aliran air terjun manggisan ketika hujan lebat.

Air terjun manggisan terletak di di Desa Kandangan, Senduro, Lumajang. Memiliki ketinggian sekitar 55 meter. Air terjun ini cocok buat tempat mencari ketenangan dan kesegaran udara.

Air Terjun Watu Lapis

Air Terjun Watu Lapis (Foto: Istimewa)

Air terjun Watu Lapis berada di tengah perkebunan kopi milik warga. Sehingga, kawasan sekitar air terjun ini memberi panorama alam yang hijau dan asri. Tebing-tebing yang bertumpuk di sekitaran area menjadi alasan kenapa air terjun ini dinamakan watu lapis atau dalam nbaha Indonesianya batu berlapis.

Air Terjun Watu Lapis terletak di Dusun Tawonsongo, Kecamatan Pasrujambe, Lumajang. (FR)

Komentar

Berita lainnya