oleh

Cara Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor

-Feature-621 views

Mengalami kejadian tidak terduga seperti kecelakaan pada kendaraan tentunya merupakan suatu hal yang tidak bisa diprediksi yaa. Bagi yang telah memiliki asuransi, maka kamu harus bersyukur karena pihak perusahaan biasanya akan memberikan jaminan atas kerusakan yang terjadi.

Walaupun begitu, untuk mengklaim asuransi atas kecelakaan yang terjadi ternyata membutuhkan prosedur yang harus kamu jalani loo. Dengan menjalani proses klaim asuransi sesuai dengan prosedur, maka bisa dipastikan kendaraanmu akan aman sampai ke tangan pihak penyedia jasa keamanan.

Kamu juga harus tahu, bahwa biasanya pihak OJK akan membebankan biaya sebesar Rp.300.000 pada setiap klaim asuransi tiap kejadian kerusakan. Lalu apa saja sih prosedur lain yang harus dijalankan ketika akan mengklaim asuransi? Berikut cara-caranya

Foto Bagian Kendaraan yang Mengalami Kerusakan

Jangan buru-buru panik ya guys.. Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika kendaraanmu tiba-tiba mengalami kerusakan adalah dengan memfoto bagian mana saja yang rusak. Hal ini harus dilakukan jika kerusakan yang dialami cukup berat dan kendaraanmu tidak bisa bergerak sama sekali.

BACA JUGA:  Meminimalisir Resiko Berbisnis dengan Perencanaan

Dengan memfoto bagian yang rusak, maka hal tersebut telah dianggap sebagai bukti yang membenarkan kerusakan mobil sehingga pihak asuransi bisa langsung memproses jaminan perbaikannya.

Hubungi Pihak Asuransi

Setelah difoto, maka langkah selanjutnya adalah dengan menghubungi pihak perusahaan penyedia jasa jaminan kendaraan yang kamu ikuti. Jangan lupa juga untuk menyiapkan berbagai dokumen yang diperlukan seperti SIM, KTP, surat polis asuransi, dan juga surat keterangan kepolisian.

Oleh karena itu, selalu siapkan dokumen-dokumen tersebut selama perjalanan. Jika takut hilang, maka kamu bisa menyalinnya dengan mesin fotokopi menjadi beberapa lembar. Surat keterangan polisi juga bisa langsung kamu urus di kantor polisi terdekat dengan lokasi kecelakaan kendaraanmu.

Jika dokumen sudah siap di tangan, maka kau tidak perlu pusing untuk bolak-balik ke rumah hanya untuk mencari dokumen yang dibutuhkan.

Bawa Mobil ke Bengkel yang Bekerja Sama dengan Perusahaan

Jika dokumen sudah lengkap dan berbagai ketentuan sudah dipenuhi, maka kamu tinggal membawa kendaraanmu menuju bengkel yang sudah melakukan kerja sama dengan pihak perusahaan.

BACA JUGA:  Etos Kerja Masyarakat Nelayan Kabupaten Bulukamba

Hati-hati ya.. seburuk apapun keadaannya jangan sampai kamu teledor membawa mobil kesayanganmu ke bengkel lain yang tidak bekerjasama dengan perusahaan jaminan yang kamu ikuti karena sudah pasti klaim akan ditolak. Dengan membawa kendaraan ke bengkel yang sesuai, maka kerusakaan yang terjadi pada mobilmu bisa langsung ditangani dengan cepat.

Tanyakan Lama waktu Perbaikan

Agar kamu bisa memperkirakan aktivitasmu tanpa kendaraan pribadi, maka selalu tanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakaan. Pada kerusakaan kecil, biasanya hanya membutuhkan waktu perbaikan 1 hingga 2 hari.

Namun berbeda halnya jika kerusakan kendaraan yang dialami cukup berat. Jika seperti itu, maka kamu harus menunggu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan hingga mobil selesai diperbaiki.

Sebenarnya dengan adanya asuransi TLO maupun comprehensive, kamu tidak akan bingung lagi jika suatu saat mobil mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan pihak kerusakan sudah menjamin perbaikan kerusakan dengan biaya premi yang sudah kamu bayar tiap bulannya. Jadi kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan jika kendaraan sewaktu-waktu mengalami kerusakan.

BACA JUGA:  Etos Kerja Masyarakat Nelayan Kabupaten Bulukamba

Satu hal lagi yang harus menjadi perhatian, jika kamu saat ini berdomisili di kota yang memiliki risiko kerugian tinggi, seperti Jakarta yang memiliki risiko banjir, ataupun banyaknya demonstrasi, maka kamu bisa saja menggunakan perluasan proteksi pada layanan jaminan keamanan kendaraan yang diberikan.

Biaya tambahan ini biasanya tidak mahal. Kamu cukup menambahkan biaya 0,05 persen jika menggunakan asuransi All Risk atau 0,035 jika menggunakan asuransi TLO. Dengan melakukan penambahan biaya, maka kemungkinan kecelakaan yang diakibatkan oleh berbagai faktor dapat teratasi dengan mudah.

Agar lebih mudah, kamu juga bisa menggunakan layanan asuransi yang disediakan oleh Lifepal. Menghadirkan berbagai layanan asuransi yang beragam, pastinya kamu akan dimanjakan berbagai kemudahan.

Selain itu, Lifepal juga memberikan penawaran harga terbaik yang bisa kamu sesuaikan dengan budget yang telah disediakan. Jaminan kenyamanan setiap nasabah juga akan dikedepankan karena di sini, kamu bisa menemukan berbagai produk asuransi dari berbagai perusahaan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Komentar

Berita lainnya