oleh

Kurma dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Buah kurma merupakan salah satu buah yang paling dikenal di seluruh dunia khususya di Negara-negara yang berpenduduk muslim. Meskipun buah ini tidak bisa tumbuh di setiap Negara,namun banyak Negara yang menjadi konsumen buah ini. Selain itu, yang menjadi daya tarik tersendiri dari kurma adalah ia merupakan salah satu buah yang dikonsumsi oleh Rasulullah SAW.

Kurma adalah salah satu buah yang cukup istimewa dinhadapan umat islam. Bentuk pohon kurma itu berukuran sedang dan mempunyai ketinggian berkisar antara 15-25 meter. Pohon ini tumbuah secara tunggal daengan membentuk rumpun pada setiap batang yang berasal dari akar yang tunggal. Pohon kurma ini mempunyai memiliki panjang daun berkisar 3-5 meter dengan ada sedikit duri yang mengiringi tangkai daun. Buah kurma berbentuk lonjong. Buah kurma pada umumnya memiliki panjang 3-7 cm dab berdiameter 1-3 cm. Kalau masih muda,buah kurma biasanya berwarna merah cerah agak kekuning-kuningan ,tergantung jenis kurmanya. Pada mulanya,kulit buah kurma berwarna hijau lalu menguning hingga pada akhirnya berubah menjadi coklat. Proses pematangan kurma ini dekenal dengan empat tahap,mulai dari mentah,ukuran oenuh/renyah,matang dan lembut,matang dan kering. Buah kurma juga sangat tahan lama,tidak perlu dimasak,dan mempunyai rasa yang cukup manis.

Pohon kurma adalah pohon kuno yang telah berusia sama dengan usia manusia,terdapat perbedaan pendapat seputar tempat asal pohon kurma. Seorang ilmuan bernama Bakari berpendapat bahwa tempat asal pohon kurma adalah teluk arab,sedangkan Ibnu Washiyah menyebutkan dua pendapat. Pertama, pohon kurma berasal dari Bahrain. Kedua, pohon kurma berasal dari Al-ahsa (kawasan yang terletak dibagian timur Saudi Arabia dan Qatar) kemudian menyebar ke semenanjung Arab. Zhen Hart menemukan perkebunan diperkebunan mesir kuno sebuah mumi yang dibalut dengan pelepah kurma. Ia juga menemukan puhon kurma yang masih utuh disekitar mumi dari era dinasti pertama (3200 SM). Disamoing itu, banyak biara koptik yang didalam banyak tulisannya menyebutkan banayk manfaat kurma. Kurma disebut didalam Taurat,Talmud,dan Al-quran. Nbi Isa as menggunakan dahannya sebagai lambang perdamaian.

BACA JUGA:  7 Manfaat Istimewa Berenang

Al-quran menyebutkan anggur berbarengan dengan buahnya, dan kurma dengan pohonnya. Karena,pohon kurma itu seluruhnya berguna bagi kehidupan manusia: daun,batang,pelepah,dan seratnya. Dari pohon kurma itu bisa dibuat atap,sapu,tambang,dudukan timba sumur,dan sebagainya yang berguna untuk kehisupan manusia.

Kurma pertama kali ditemukan di daerah teluk arab,sepanjang pesisir teluk arab dan selatan india atau yang beriklim serupa dengan lembah antara sungai Tigris dan lembah sungai nil. Pada tahun 1980, prosukdi kurma di Arab Saudi meningkat karena subsidi pemerintah dan kemajuan teknologi. Kurma bahkan menjadi hidangan di kalangan kerajaan dan pemerintahan. Kurma pun akhirnya meluas hingga ke Afrika Barat,Australia,Argentina,Brazil,dan beberapa Negara lainnya.

BACA JUGA:  Jaga Pertemanan Dengan Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Berdasarkan Zat-zat nutrisi yang terkandung dalam buah kurma maka manfaat buah kurma sebagai berikut:

Mengatasi Konstipasi
Menunjang kesehatan dan kekuatan tulang
Mengatasi gangguan usus
Membantu mengobati Anemia
Menanggulangi Alergi
Membantu dalam proses pemulihan penyakit demam berdarah
Mencegah gejala rematik
Menambah berat badan
Energy Booster
Menjaga kesehatan sistem saraf
Meningkatkan daya ingat dan sistem kerja otak
Mencegah terjadinya insomnia
Menjaga kesehatan jantung
Kelemahan Seksual
Mengurangi rabun senja
Intoksikasi
Mengendlikan diare
Mencegah kanker lambung
Membantuh mencegah resiko kanker otak
Sumber Antioksidan
Mencegan penggumpalan darah
Bebah lemak jenuh

BACA JUGA:  Jangan Cuma Soal Gaya, Simak 6 Bahaya Menggunakan Celana Jeans Ketat

Oleh sebab itu jadilah seprti pohon kurma,walaupun berada ditengah gurun pasir,ia masih tetap memberikan manfaat dengan menghasilkan buah yang manis. Dengan kata lain,dimanapun kita hidup dan tinggal,maka kita harus bisa bertahan dengan segala kemandiriaan dan kekuaan yang dimilik,dan tidak pernah merasa gagal serta kecewa dengan ruang lingkup yang ada. Dari penanamannya sendiri pohon kurma sudah terlatih menjadi sebuah pohon yang kuat,biji kurma akan ditanam kemudian ditutup batu,artinya kita harus bisa keluar dari segala macam masalah yang mendera. Gunakan kekuatan akal dan pikiran yang telah Allah SWT berikan untuk menciptakan solusi jitu mengatasi masalah.

Bunayya Nuru Izzah (Mahasiswa STEI SEBI)

Komentar

Berita lainnya