oleh

Cinta Bisa Juga Kepada Bangsa Sendiri

-Feature-1.260 views

Cinta terhadap tanah air ialah mencintai bangsa sendiri.

munculnya perasaan mencintai oleh warga negara untuk negaranya dengan bersedia berkorban, melindungi tanah air, gangguan dan tantangan yang dihadapi oleh negaranya. Kata lain, cinta terhadap tanah air adalah munculnya rasa kecintaan, kebangaan, menghargai, menghormati, kesetiaan dan kepatuhan yang dimiliki oleh setiap warga negara terhadap negaranya.

Bangsa Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemerdekaan itu diperoleh melalui perjuangan dan pengorbanan para pejuang pahlawan yang tidak ternilai harganya. Sejak itu, bangsa Indonesia bertekad untuk membela tanah airnya dari segala bentuk gangguan dan ancaman, baik yang datangnya dari dalam maupun dari luar. Kita tidak boleh lengah sedikit pun karena ancaman akan datang dari berbagai arah. Semangat persatuan dan kesatuan harus diperkuat melalui berbagai kegiatan, yaitu bersifat lokal, kedaerahan, nasional, maupun internasional.

Kita sebagai warga negara Indonesia dan Indonesia sebagai tanah air, maka kita harus memiliki perasaan cinta tanah air dan mewujudkan kecintaan itu dalam kehidupan sehari-hari. wujud kecintaan warga negara kepada tanah airnya dapat dimulai dari hal-hal yang sederhana yaitu mencerminkan perilaku cinta tanah air dengan ikut serta dalam pembangunan nasional. Setiap warga negara ikut serta dalam pembangunan nasional melalui bidangnya masing-masing, misal bekerja dengan baik sesuai dengan keahlian yang dimiliki, mencintai produk-produk Indonesia dengan lebih mengutamakan membeli produk-produk dalam negeri dibanding produk-produk asing.

Jadi, sebagai warga negara, kita boleh saja membeli produk-produk asing jika sedang kita butuhkan.
Ada pun wujud cinta tanah air lainnya yang dapat dilakukan oleh warga negara adalah, menghargai jasa pahlawan, serta berkarakter Indonesia dengan berjiwa Pancasila, bhineka tunggal ika, dan menaati peraturan undang-undang yang berlaku.

Sedangkan sebagai generasi muda masih sekolah atau pelajar atau mahasiswa sikap cinta tanah air dapat diwujudkan dengan banyak ragam cara, di antaranya belajar dengan rajin, mengikuti upacara bendera, taat terhadap perintah Tuhan, saling menyayangi antar sesama, menghormati orang tua dan guru, menghargai jasa para pahlawan, menjadi pelajar yang membanggakan Indonesia dengan berprestasi baik dalam bidang akademik maupun nonakademik, berjiwa Indonesia dan Pancasila, berpegang pada bhineka tunggal ika.

Jadi, Kenapa kita harus cinta terhadap tanah air?

Jika cinta tidak tertanam pada diri setiap warga indonesia maka negara Indoensia akan mudah dilanda kekacauan, pembangunan tidak maju, pendapatan negara menurun, dan pada akhirnya tingkat kesejahteraan dan kesehatan warga sendiri yang akan hancur. Pahlawan yang telah berjuang untuk membela negara ini akan menangis melihat warganya tidak mencintai negaranya sendiri, maka dari itu mari kita sama-sama membangun negara Indonesia menjadi semakin maju dan tanam cinta pada diri kita masing-masing untuk negara ini.

Ditulis oleh Idami Iradi Izani, Mahasiswa PNJ

Komentar

Berita lainnya