oleh

Sukses Memulai Usaha dengan 7 Langkah Jitu

-Feature-511 views

Banyak usaha menjadi sukses bahkan sampai menggurita, namun tidak sedikit pula usaha yang gagal bahkan tidak bisa merealisasikan niat usahanya. Karena tidak adanya tekad kesungguhan yang nyata dalam diri sendiri. Memulai usaha bukanlah hal yang mudah, namun memelihara dan membuat usaha tersebut menjadi sukses jauh lebih menantang.

Agar sukses, usaha membutuhkan kerja keras, waktu kerja yang panjang, semangat tinggi, kegigihan, dan konsistensi dengan persiapan yang matang. Dengan membaca artikel ini semoga kalian dapat cepat merealisasikan niatnya merintis usaha atau yang sudah usaha bisa dilanjutkan sampai mencapai kesuksesan dengan langkah yang lebih baik.

IDE
Ide tidak ada batasannya dan tidak akan habis selama bumi berputar. Ide dikatakan baik apabila: a) berbeda dan lebih baik dalam hal bentuk dan fungsi, b) memberi nilai dalam arti lebih cepat, dan lebih efisien, c) dapat dikerjakan atau diwujudkan, serta d) manfaat ide lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan ditinjau dari segi dana, sumber daya, energi, waktu, dan lain-lain.

KONTAK
Kontak bisa berupa kontak usaha dan sosial. Kontak usaha berkaitan dengan tujuan berusaha, sedangkan kontak sosial bertujuan membina persahabatan atau keakraban. Sukses dalam berusaha pada dasarnya adalah membuat konetivitas di antara kontak usaha.

KEAHLIAN
Keahlian dapat digunakan mulai dari menciptakan sebuah ide usaha hingga tahap implementasi dan eksekusi. Untuk mencapai kesuksesan diperlukan kumpulan orang yang memiliki keahlian berbeda. Mereka saling berbagi peran mendukung secara aktif atau pasif dalam menjalankan usaha.

RISET PASAR
Riset pasar artinya mencari informasi pasar. Merupakan kegiatan sistematis yang meliputi identifikasi tujuan, pengumpulan data, analisis dan menghasilkan informasi, serta menggunakan informasi tersebut untuk membantu mengambil keputusan usaha.

RENCANA USAHA
Rencana usaha digunakan sebagai pedoman bagi pihak internal pelaku usaha, atau alat untuk meyakinkan para pemberi dana terhadap model usaha yang dilakukan. Terlepas usaha baru atau sudah berjalan, tetep saja setiap usaha memerlukan perencanaan yang baik untuk menerangkan ide usaha untuk mencapai tujuan, mengukur kinerja, memonitor tujuan, dan membuat rencana masa depan.

MERAIH PINJAMAN
Pinjaman yang baik dapat meningkatkan jumlah aset yang dimiliki. Pinjaman ini bisa dikelola sedemikian rupa, sehingga hasilnya bisa meningkatkan aset sekaligus melunasi pinjaman itu sendiri.

RESTRUTURISASI USAHA DAN INOVASI
Restruturisasi usaha bertujuan memperbaiki dan memaksimalkan kinerja usaha. Pelaku usaha melakukan pembenahan agar segera terlepas dari krisis berbagai aspek. Perbaikan-perbaikan tersebut meliputi berbagai aspek usaha, mulai dari perbaikan jenis produk/jasa, perbaikan permodalan, hingga perbaikan sumber daya manusia (SDM).

Itulah beberapa langkah jitu dalam usaha, Selama ada dorongan dan semangat tetap membara, setiap imajinasi dan kemampuan berusaha jangan pernah dikekang dan diragukan. Karena di setiap negara membutuhkan para pelaku usaha tangguh.  (Tsabita Aulia)

Komentar

Berita lainnya