6 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Menyengat

Ilustrasi. (Istimewa)

Bau dalam sepatu dipicu bakteri yang berinteraksi dengan keringat. Sepatu bau dipengaruhi oleh iklim, kondisi tubuh, kebiasaan si pemakai, dan kondisi fisik sepatu itu sendiri. Iklim tropis dengan kelembapan udara tinggi seperti di Indonesia membuat lingkungan di dalam sepatu juga cepat berubah menjadi lembap dan hangat.

Kondisi tersebut menjadi sangat parah jika Anda termasuk orang yang mudah berkeringat, terutama di kaki, dan jika Anda memiliki kebiasaan buruk seputar pemakaian sepatu. Sedangkan kondisi fisik sepatu mencakup bahan dan strukturnya yang menentukan kemudahan sepatu bernapas.

BACA JUGA:  Kerak Telor: Kudapan Unik Khas Betawi

Dilansir cleanipedia.com berikut ini enam cara mengatasi sepatu bau:

Mengeringkan sepatu. Taruh sepatu di luar rumah dan biarkan hingga kering. Sebagian sepatu bisa dijemur di bawah sinar matahari langsung, tetapi sebagian yang lain hanya bisa diangin-anginkan agar tidak merusak bahannya.

Menaburi sepatu dengan bubuk penyerap bau. Bubuk soda kue merupakan bahan alami yang mampu menyerap bau. Taburkan sedikit bubuk soda kue atau bedak putih di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Singkirkan serbuk ini sebelum sepatu dikenakan.

BACA JUGA:  Kerak Telor: Kudapan Unik Khas Betawi

Memanfaatkan koran. Koran juga dapat menyerap bau. Buat gumpalan kertas koran, lalu pakai untuk menyumpal rongga sepatu. Biarkan selama sepatu tidak dipakai atau ketika disimpan agar sekaligus menjaga bentuk sepatu.

Memakai produk penghilang bau sepatu. Kebanyakan produk semprotan penghilang bau dalam sepatu mengandung enzim/bakteri yang mampu melawan penyebab bau sepatu dengan hasil instan.

Menambahkan pewangi. Bahan-bahan beraroma sedap bisa Anda pakai untuk menggantikan bau di dalam sepatu. Letakkan kulit jeruk di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Atau, teteskan sedikit minyak esensial di sol dalam sepatu dan biarkan hingga kering.

BACA JUGA:  Kerak Telor: Kudapan Unik Khas Betawi

Mengganti sol dalam sepatu. Di pasaran tersedia sol dalam sepatu yang terbuat dari bahan antijamur. Jika produk semacam ini sulit didapatkan, pilih sol dalam berbahan katun. Apapun yang Anda pilih, ganti sol dalam sepatu secara rutin sendiri di rumah atau memakai jasa tukang sol sepatu. (Resti Fauziah)