oleh

Manfaat Mewarnai Bagi Orang Dewasa

Kegiatan mewarnai memang umumnya dilakukan anak-anak, kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut memang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Mulai dari mengenalkan warna, melatih kemampuan motorik, mengasah kreativitas, daya imajinasi, konsentrasi, dan lain sebagainya.

Saat ini kegiatan mewarnai bukan lagi kegiatan anak-anak saja, melainkan orang dewasa pun bisa mewarnai untuk mengisi waktu luang dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buku mewarnai pun sudah menjadi trend dikalangan orang dewasa. Buku seri mewarnai yang banyak dijual di toko buku, dengan tema-tema yang disuguhkan pun beragam, mulai dari hewan, tumbuhan, doodle, etnik dan masih banyak lagi. Tak seperti trend lain yang dampaknya malah cenderung bikin stress dan menghabiskan banyak uang.

Seringkali, kita dihadapi pada situasi jenuh dalam berbagai aktivitas harian yang kita jalani, tanpa sadar coret-coret diselembar kertas menjadi pengusir kejenuhan. Kegiatan ini dilakukan tanpa sadar, dengan hanya bermodalkan sebuah pensil atau pulpen, dan secarik kertas. Kegiatan menggambarpun dengan spontan mengalir begitu saja bentuknya bisa bermacam-macam. Sama halnya dengan mewarnai, mewarnaipun bisa menjadi aktivitas yang baru untuk mengilangkan kejenuhan, hanya dengan mewarnai kita bisa mendapat banyak manfaat.
Manfaat mewarnai yang pertama adalah dapat menghilangkan kejenuhan dan kebosanan.

BACA JUGA:  Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Mahasiswa Masih Marak, Apa Penyebabnya?

Mewarnai mampu meningkatkan daya konsentrasi, mengasah otak, dan memancing kreativitas karena tidak adanya keterikatan dengan aturan tertentu, kita bebas menuangkan segala ide lewat pola, garis, detail pada lembar kertas mewarnai, serta dapat melakukan ekperimen aneka kombinasi warna, bahkan warna yang saling bertabrakan sekalipun.

Mewarnai pada orang dewasa juga mampu melatih ketekunan dan ketelatenan karena banyaknya pengulangan pola dan detail yang dilakukan saat mewarnai.

Manfaat mewarnai juga baik bagi kesehatan mental. Mewarnai mampu meredakan stres dan memberikan rasa ketenangan. Mewarnai juga dapat membantu mengatasi rasa takut, cemas, dan gelisah, karena mewarnai dapat mengistirahatkan sejenak kinerja Amyglada, yaitu salah satu bagian otak yang mengontrol emosi penyebab stress, cemas dan rasa takut.

Tak hanya keterampilan motorik anak-anak yang diasah, mewarnai pada orang dewasa juga dapat mengasah motorik agar selalu aktif sehingga memperlambat penurunan fungsi motorik akibat penuaan.

Manfaat mewarnai yang selanjutnya adalah membangkitkan energi positif pada orang dewasa karena mewarnai bisa mengingatkan kembali pada memori masa kecil yang menyenangkan, dan bebas dari kekhawatiran dan tekanan.
Selain itu, secara psikologis, beberapa warna tertentu juga dapat membangkitkan energi positif, seperti warna merah, oranye, kuning yang bisa membangkitkan rasa semangat, optimisme, dan keceriaan, warna hijau maupun biru yang memberikan rasa ketenangan dan kesejukan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Kontroversi Vaksin Dengvaxia di Indonesia

Mewarnai memberikan kesempatan pada diri kita untuk bebas mengekspresikan diri sesuai dengan emosi dan perasaan yang sedang dirasakan. Misalnya, saat sedang sedih, aktivitas mewarnai dapat dijadikan media untuk menumpahkan kesedihan yang dirasakan, lewat pemilihan warna tertentu sesuai keinginan kita, tarikan garis dan pola tertentu sesuka hati kita, dan lain sebagainya. (Sumber : Infomanfaat.com)

Hingga saat ini, sudah banyak para ahli yang memanfaatkan aktivitas mewarnai sebagai salah satu teknik terapi psikologis. Hal tersebut bukan baru-baru ini saja terjadi, sejak awal tahun 1990, seorang psikiater bernama Carl G. Jung sudah menggunakan teknik terapis mewarnai pada pasien-pasiennya. Carl G. Jung menyarankan para pasiennya untuk mewarnai agar bisa menenangkan diri dan memusatkan pikiran mereka.

Saya pun sangat tertarik dengan mewarnai, memang berdasar dengan hobi menggambar. Mewarnaipun menjadi sangat menyenangkan dan menimbulkan antusias. Walaupun sebagian orang menyepelekan kegiatan yang bermanfaat ini, seperti tidak ada pekerjaan lainnya, menggunakan uang dengan sia-sia untuk membeli buku mewarnai, mewarnai seperti anak kecil, dan banyak komentar yang kontra dengan kegiatan mewarnai ini.

BACA JUGA:  Sertifikat Layak Nikah Wajib untuk Calon Pengantin

Justru, kegiatan ini bagi saya sangat bermanfaat, saat melakukan kegiatan ini dari melihat gambar-gambarnya saja sudah membuat tertarik, memilih pensil warna apa yang akan digunakan untuk mewarnai saja sudah membuat diri menjadi semangat, menggambar sesuka hati, dan melihat hasil mewarnainya ada rasa kepuasan tersendiri.

Menurut, Endah Resti Wulandari, S.Psi. “Kegiatan mewarnai sangat bermanfaat bagi orang dewasa, dapat membuat refreshing otak dari kesibukan aktivitas yang dijalani, dapat menghilangkan stres, dan membuat lebih pikiran jernih dalam menjalani aktivitas.”

Sekarang, kita sudah tahu apa saja manfaat yang didapatkan dari aktivitas mewarnai. Saat stres dan suntuk melanda akibat banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari, tak ada salahnya untuk berhenti sejenak untuk melakukan aktivitas mewarnai agar perasaan jadi lebih rileks. Mewarnailah dengan santai, bebas, dan tanpa beban, agar stres hilang dan pikiran kembali jernih, sehingga ide-ide segar nan kreatif bisa muncul kembali.

Restu Bakti Putri Setio

Komentar

Berita lainnya