oleh

FOKUS: Kekompakan Warga Bisa Cegah Aksi Kejahatan

Ketua FOKUS, Suryadi. (ans)
Ketua FOKUS, Suryadi. (ans)

Depok – Peran serta seluruh elemen masyarakat mulai dari warga, keamanan, RT, RW bahkan hingga kelurahan, sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga wilayah senantiasa aman dan kondusif serta terhindar dari aksi kejahatan.

Hal tersebut dikatakan Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Kukusan (FOKUS) Suryadi atau yang biasa disapa Bang Gompal kepada Depokpos, Sabtu malam (27/2).

“Fokus senantiasa turut andil dalam menjaga suasana agar tetap kondusif di wilayah Kukusan, dari RT, RW sampai kelurahan. Kami berusaha meminimalisir terjadinya tindak kejahatan baik itu curanmor, peredaran narkoba dan tindakan lain yag dapat menggganggu kenyamanan masyarakat Kukusan,” papar Suryadi.

BACA JUGA:  Komunitas Biola AVC Depok akan Gelar Konser di Detos

FOKUS sendiri merupakan sebuah wadah masyarakat wilayah Kelurahan Kukusan yang dibentuk pada tahun 2013 atas binaan Pradi Supriatna yang juga warga Kukusan dan kini telah menjabat sebagai Wakil Walikota Depok.

Lebih lanjut Suryadi menambahkan bahwa agar tetap solid, relawan yang tergabung dalam FOKUS ditekankan untuk selalu berperan aktif menjaga wilayahnya sendiri.

BACA JUGA:  Semarak Sukmajaya Berjaya pada HUT Ke-74 RI

“Dari situ nanti tersaring mana relawan yang benar-benar peduli dan mana relawan penggembira,” lanjutnya.

1 copy.jpgKetika disinggung apakah relawan fokus mendapatkan pelatihan khusus, Suryadi menjelaskan bahwa pelatihan secara khusus memang tidak ada, tapi relawan yang aktif memang memiliki  keahlian dasar dibidangnya masing-masing.

“Intinya, tugas FOKUS adalah mencegah terjadinya tindak kejahatan di wilayah Kukusan, bukan mengkap pelaku kejahatan,” tegasnya.

BACA JUGA:  LPM Tirtajaya Depok Soroti Minimnya Infrastruktur bagi Pemenuhan Hak Anak

Namun Suryadi tak memungkiri bahwa jika terlanjur terjadi tindak kejahatan dan ada bukti-bukti kuat atau pelaku tertangkap tangan melakukan aksinya,  maka akan ditangkap dan diserahkan kepada pihak kepolisian.

“Dalam hal ini kita berkoordinasi dengan Polsek Beji dan Polres Depok,” pungkasnya. (san)

Komentar

Berita lainnya