UI dan Posco Group Kerjasama Kembangkan Industri Teknologi dan Manajemen SDM

DEPOK – Universitas Indonesia (UI) siap jalin kerja sama dengan Pohang Iron and Steel Company (POSCO) Group dan Pohang University of Science and Technology (POSTECH), Korea Selatan. Pembahasan potensi kerja sama tersebut dilakukan saat Mr. Donghyun Ko selaku POSCO Holdings for the industry, Academy, and Research Manager beserta rombongan berkunjung ke Kampus UI, pada Selasa (2/4).

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI), drg. Baiduri Widanarko, M. KKK, Ph.D., yang menyambut kedua mitra tersebut mengatakan bahwa kunjungan ini tidak hanya menjadi momen penting dalam memperkuat hubungan antara UI, POSCO, dan POSTECH, tetapi juga awal dari kerja sama yang lebih erat dan berkelanjutan. “Kerja sama yang akan terjalin ke depannya tentu dalam rangka membangun masa depan yang lebih baik untuk pendidikan dan industri di Indonesia dan Korea Selatan,” kata drg. Baiduri.

POSCO merupakan salah satu industri penghasil baja terbesar keempat di dunia yang berkantor pusat di Pohang, Korea Selatan. Menurut Donghyun Ko, POSCO memerlukan kerja sama untuk mendukung kegiatan riset POSTECH—universitas swasta yang berfokus pada bidang sains dan teknik. “Indonesia adalah mitra yang sangat penting dan kami melihat potensi besar untuk berkolaborasi dengan Universitas Indonesia. Melalui kemitraan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi lebih besar dalam pengembangan industri di Indonesia, khususnya dalam hal teknologi dan manajemen sumber daya manusia,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pakar UGM: Waspada Ancaman Risiko Bencana Gempa Bumi dan Banjir

Kolaborasi UI, POSCO, dan POSTECH dalam penelitian dan pengembangan inovasi di bidang industri bertujuan untuk menjawab tantangan dan peluang dalam menghadapi era industri 4.0. Direktur Riset dan Pengembangan UI, Munawar Khalil, S.Si., M.Eng.Sc., Ph.D, menyebut bahwa secara garis besar, UI memiliki dua tanggung jawab besar dalam bidang riset. Pertama, mengelola kegiatan penelitian secara internal dalam lingkup universitas. Kedua, memfasilitasi kerja sama penelitian, baik dalam ruang lingkup nasional maupun internasional. Untuk itu, kerja sama riset untuk kebutuhan riset industri sangat berpeluang untuk dilakukan.

BACA JUGA:  Pakar UGM: Waspada Ancaman Risiko Bencana Gempa Bumi dan Banjir

Pada pertemuan tersebut juga dibahas mengenai kesempatan mahasiswa UI dan POSTECH untuk berpartisipasi dalam program pertukaran mahasiswa dan graduate admissions (penerimaan pascasarjana). Program pertukaran mahasiswa dapat memperluas wawasan mahasiswa tentang tren dan tantangan dalam lanskap industri global, serta memberi kesempatan bagi mereka untuk belajar dengan budaya, bahasa, dan lingkungan akademik yang berbeda.

Selain kerja sama riset industri dan pertukaran mahasiswa, program beasiswa juga menjadi topik utama dalam diskusi. UI menjadi satu dari empat universitas di Indonesia yang diprioritaskan oleh POSCO Group dalam penyaluran beasiswa bagi mahasiswa yang unggul di bidang akademik. Keduanya juga membahas kegiatan magang bagi mahasiswa sebagai salah satu program yang diagendakan dengan tujuan memberi pengalaman dan mengasah kemampuan mahasiswa dalam berkarier di bidang sains, teknik, dan industri.

BACA JUGA:  Pakar UGM: Waspada Ancaman Risiko Bencana Gempa Bumi dan Banjir

Diskusi yang diadakan di Ruang Siang, Lantai 9, Gedung Pusat Administrasi Universitas, Kampus UI Depok tersebut turut dihadiri oleh Kepala Biro Humas dan KIP, Dra. Amelita Lusia, M.Si.; Kasubdit Kerjasama Akademik UI, Dr. Eko Saka Purnama; POSTECH Graduate Admissions, Coordinator, Yoon Jeong Woo; dan POSTECH International Relations, Student Exchange Coordinator, Aram Yoon.