Ini Tips Ala Bos ChatGPT Sam Altman agar Tetap Produktif

Ia juga menghindari rapat di pagi hari, sebab periode tersebut paling produktif baginya

Ia juga menghindari rapat di pagi hari, sebab periode tersebut paling produktif baginya

DEPOKPOS – Pendiri OpenAI sekaligus pencipta ChatGPT, Sam Altman, diketahui sangat spesifik dengan rutinitas sehari-hari. Termasuk dalam mengatur waktu tidur, diet, dan sebagainya.

Pada 2018 lalu, Altman mengatakan ia meminum shot jumbo espresso saat pertama kali bangun pagi. Ia sangat jarang sarapan. Biasanya, ia puasa 15 jam sehari.

Altman mengatakan saat mengecek email di pagi hari, ia menggunakan cahaya LED spektrum penuh selama 10-15 menit. Ia juga menghindari rapat di pagi hari, sebab periode tersebut paling produktif baginya.

BACA JUGA:  DBS Foundation Hibahkan Rp8,2 Miliar bagi Empat Organisasi asal Indonesia

Saat kerja, Altman lebih suka melakukan pertemuan di siang hari. Ia juga punya durasi yang spesifik untuk melakukan meeting.

“Menurut saya, rapat paling baik dilakukan selama 15-20 menit, atau sekalian 2 jam,” kata dia.

Altman mengatakan meeting selama 1 jam biasanya tak efektif dan buang-buang waktu. Bahkan, ia blak-blakan mengatakan 90% dari rapat yang ia hadiri tak berguna.

“10% rapat yang efektif menjadi kompensasinya,” ujarnya.

Altman juga punya kebiasaan unik dalam mengorganisir poin-poin penting. Ia lebih suka mencatat di kertas secara fisik ketimbang memanfaatkan teknologi digital.

Ia juga mengatakan akan meminum satu shot espresso setelah makan siang.

BACA JUGA:  Kenali Bahaya Junk Food bagi Kesehatan

Di malam hari, meski banyak mengonsumsi kafein, Altman mengatakan tak punya gangguan tidur. Menurut dia, tidur adalah hal terpenting agar tetap produktif.

Ia menghindari makan banyak sebelum tidur. Ia juga tak mengonsumsi alkohol agar tidur lebih nyenyak.

Altman mengatakan sudah menjadi vegetarian sejak kecil. Ia juga mengonsumsi minuman protein secara rutin sebagai suplemen.

Tokoh viral tersebut menghindari makanan berminyak dan pedas yang dapat mengganggu pencernaan. Ia juga menghindari konsumsi gula yang berlebihan.

Setiap kuartal, Altman selalu mengecek darah untuk membantunya menentukan suplemen yang dibutuhkan. Ia juga mengonsumsi metformin, yakni obat diabetes untuk memperlambat penuaan.

BACA JUGA:  Tak Terlihat tapi Mematikan: Bahaya Merokok yang Harus Anda Ketahui

Saat tidur, ia akan menggunakan pendeteksi tidur. Ia juga memiliki kondisi yang dingin, gelap, dan sunyi untuk mendapatkan kualitas tidur terbaik. Untuk membantunya tidur, kadang Altman menggunakan pil tidur atau ganja.

Urusan olahraga, Altman mengatakan lebih suka mengangkat beban. Ia akan melakukan olahraga tersebut tiga kali seminggu selama 1 jam. Kadang, ia juga melakukan interval olahraga intensitas tinggi.

“Untuk meningkatkan produktivitas, olahraga ini menurut saya adalah yang terbaik,” ujarnya.