Tekno  

Harga dan Spesifikasi 3 Lensa RF Terbaru dari Canon

DEPOKPOS – Dalam dunia fotografi dan videografi memiliki beragam genre, seperti olahraga, wildlife, portrait, landscape, wedding, fashion, food dan masih banyak lagi. Di setiap genre fotografi membutuhkan lensa pamungkasnya masing-masing agar hasil gambar yang dihasilkan bisa sesuai dengan kebutuhan. Memahami hal tersebut, Canon melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia menghadirkan 3 lensa RF terbaru, yaitu RF24-105 f/2.8L IS USM Z, RF200-800mm f/6.3-9 IS USM dan RF-S10-18mm f/4.5-6.3 IS STM. Ketiga lensa ini memiliki keunggulannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

“Canon memahami kebutuhan para fotografer dan videographer yang membutuhkan lensa dengan berbagai pilihan focal length. Oleh karena itu, kehadiran tiga lensa dengan mounting RF ini diharapkan mampu memberikan keleluasaan bagi para fotografer dan videografer untuk memilih lensa sesuai dengan kebutuhannya dalam mengambil gambar tanpa hambatan karena pilihan lensa dengan focal length yang kurang memadai,” ujar Iqbal Rifqi Prayoga – Canon Business Unit Director PT Datascrip.

RF24-105 f/2.8L IS USM Z

Lensa ini, memiliki rentang fokus lebar dan kualitas optik yang luar biasa serta aperture maksimum yang besar. RF24-105mm f/2.8 L IS USM Z memiliki aperture maksimum f/2.8 pada seluruh rentang fokus 24-105mm, dengan kualitas gambar menakjubkan untuk mendukung fotografi resolusi tinggi dan video hingga resolusi 8K. Pengguna juga dapat menikmati fleksibilitas lebih besar dalam pengaturan komposisi dan eksposur pada beragam subjek, terutama saat memotret dalam kondisi minim cahaya atau membuat efek bokeh.

Pada saat yang sama, lensa ini juga memperkenalkan fitur desain baru yang memenuhi kebutuhan pembuatan video profesional, seperti cincin iris pertama pada jajaran lensa RF, sebuah fitur yang biasanya ditemukan pada lensa sinema Canon. Fitur ini memungkinkan kontrol aperture yang senyap dan intuitif dengan torsi halus, ideal untuk menyesuaikan eksposur dan efek bokeh selama perekaman video.

Berkat optimalisasi kontrol optik, mekanis, dan elektrik yang baik termasuk penerapan Dual Nano USM yang bisa digerakkan secara individual. Lensa ini juga menawarkan kontrol yang lebih baik terhadap pergerakan autofocus yang cenderung terjadi selama zoom. Sehingga pengguna dapat menikmati autofocus yang lebih stabil dan konsisten saat melakukan zoom saat proses merekam video atau pengambilan gambar burst kecepatan tinggi.

Ada juga built-in image stabilizer (IS) Optik yang mampu mengoreksi guncangan kamera hingga 5,5 stop dan jika dikombinasikan dengan bodi kamera yang memiliki In-Body IS, performa meningkat hingga 8 stop. Sehingga mampu menghasilkan gambar yang tajam dan stabil, bahkan pada kecepatan shutter speed yang lambat.

Dengan kemampuan dan fleksibilitasnya yang luar biasa, lensa ini sangat mumpuni untuk berbagai macam kebutuhan foto maupun video seperti halnya, portrait, event, wedding, foto jurnalis, bahkan olahraga indoor sekalipun. Tidak kalah penting, lensa ini semakin tangguh karena dilengkapi dengan struktur bodi yang tahan akan debu, cipratan air, serta flourine coating pada elemen depan lensa untuk mencegah goresan, debu menempel dan memudahkan para penggunanya untuk membersihkan elemen depan lensa.

RF200-800 f/6.3-9 IS USM

RF200-800mm f/6.3-9 IS USM merupakan lensa zoom super telephoto mounting RF pertama dari Canon yang memiliki focal length hingga 800mm berukuran portabel. Jika digunakan dengan RF Extender 2x, cakupan lensa diperluas hingga 1600mm (2560mm pada kamera APS-C) cocok digunakan untuk genre olahraga, wildlife dan astrofotografi. Meskipun memiliki rentang zoom yang menakjubkan, lensa ini hanya memiliki bobot 2kg sehingga memudahkan mobilitas pengguna yang harus bergerak atau berpindah tempat dengan cepat.

Lensa ini juga memiliki built-in IS hingga 5,5 stop yang efektif meredam guncangan kamera yang lebih sering terjadi saat digunakan pada rentang fokus yang panjang, sehingga dapat menghasilkan gambar yang tajam dan stabil hingga 1/20 detik bahkan jika digunakan pada rentang fokus terpanjang 800mm.